28 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

RDP Rencana Revitalisasi Pasar Batuah, Belum Ada Titik Temu

2 min read

Suasana RDP warga Batuah, dengan Komisi II DPRD Banjarmasin dan Pemerintah Kota

BANJARMASIN – Kalangan legislatif menggelar rapat dengar pendapat (RDP), bertempat di ruang mini DPRD Kota Banjarmasin, terkait rencana revitalisasi Pasar Batuah ditahun 2022 ini.

Salah satu perwakilan Aliansi Kerukunan Warga Batuah Syahriannor, kepada wartawan pada Rabu (19/01) mengatakan, rencana Pemerintah Kota dalam melakukan revitalisasi Pasar Batuah, dinilai tidak berpihak kepada warga, yaitu ada sekitar 700 jiwa, yang berjualan hanya 20 persen, sisanya 80 persen hunian warga. Biasanya digelar pembebasan lahan yang berdiri ratusan rumah warga.

Perwakilan Aliansi Kerukunan Warga Batuah, Syahriannor

“Kami resah, kalau Pasar itu direvitalisasi, otomatis akan direlokasi, sedangkan tidak mendapat ganti rugi, kemana lagi warga bermukim,” ucapnya

Disampaikan Syahriannor, selama ini warga menempati lahan Pasar Batuah dengan cara membeli tanah, harganya sekitar Rp 400 ribu dengan tuan tanah, dan sudah menempati puluhan tahun.

“Kita warga RT 11 dan 12 menolak keras Pasar Batuah direvitalisasi,” katanya

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin Ichrom Muftezar mengatakan, revitalisasi Pasar Batuah perlu dilakukan sebagai salah satu program Pemerintah Pusat, melalui Kementerian Perdagangan untuk menata menjadi lebih baik dalam memberikan pelayanan ke masyarakat. Dana pembangunan bersumber dari APBN sebesar Rp 3miliar lebih dan APBD Banjarmasin Rp 1 miliar lebih.

Kepala Disperindag Kota Banjarmasin, Ichrom Muftezar

“Pasar Batuah menjadi salah satu contoh Pasar di Banjarmasin, yang bersih dan sehat, dengan lahan seluas 7.320 meter persegi,” jelasnya

Lebih lanjut Tezar (sapaan akrabnya) menambahkan, untuk tuntutan ganti rugi yang diminta warga, sesuai aturan tidak bisa diberikan, karena rumah warga yang berdiri itu diatas lahan milik Pemerintah kota Banjarmasin.

“Hasil RDP ini akan dikoordinasikan kembali,” tutupnya

Untuk diketahui, pasar Batuah ini berdiri cukup lama, sehingga bangunannya terlihat sangat tua, berlokasi di kawasan Veteran Kelurahan Kuripan Kecamatan Banjarmasin Timur. (NHF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.