18 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

2022, Tambud Kalsel Siapkan Berbagai Pergelaran Seni

1 min read

Kepala UPTD Taman Budaya Disdikbud Kalsel, Suharyanti

BANJARMASIN – Taman Budaya dibawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, mempersiapkan berbagai pergelaran seni di tahun 2022 ini.

Menurut Kepala UPTD Taman Budaya Disdikbud Kalsel, Suharyanti, kepada Abdi Persada FM di ruang kerjanya, Selasa (18/1) pihaknya mempersiapkan pergelaran dengan menyesuaikan beberapa agenda hari besar Nasional, misalnya pada Maret, bertepatan hari musik Nasional dan hari teater Sedunia, kemudian April karena memasuki bulan suci Ramadhan, maka pergelarannya tetap bernuansa religi.

“Bulan Mei, kita siapkan pameran seni rupa secara Nasional, bekerjasama dengan komunitas pelukis yang tergabung dalam Ikatan Pelukis Kalsel, dan mengundang beberapa pelukis di Indonesia,” ucapnya.

Disampaikan Suharyanti, dalam waktu dekat ini dijadwalkan urun rembuk dengan seniman di tiga belas kabupaten dan kota, baik secara luring maupun daring, untuk mempersiapkan pergelaran selama tahun 2022 ini, yaitu mengangkat karya seni yang belum sempat ditampilkan pada tahun sebelumnya, agar setiap pertunjukkan baik tari, musik dan lain sebagainya, dapat memberikan nuansa seni yang kreatif dan berinovasi, sehingga membuat karya seni, dapat semakin dicintai seluruh kalangan.

“Kita ingin diskusi terlebih dahulu, sebelum digelar pertunjukan seni didaerah mereka masing-masing,” katanya.

Lebih lanjut Suharyanti menambahkan, untuk keterlibatan dalam pelaksanaan Kalsel Expo dan pameran MTQ tingkat Nasional, pihaknya mempersiapkan pergelaran tari kolosal yang menampilkan 200 penari terdiri kalangan pelajar dan seniman, yang rencananya berlokasi di Kiram, Kabupaten Banjar.

“Pertunjukkan tari kolosal menyesuaikan tema religi, yang dipersiapkan untuk tampil pada Oktober mendatang,” tutupnya. (NHF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.