16 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Inovasi Baru, Disdikbud Kalsel Perkenalkan Kesenian Melalui Podcast

1 min read

Kepala Seksi Kesenian Bidang Kebudayaan Disdikbud Prov Kalsel, D Sunjaya Adhiarso (kiri) saat melakukan podcast

BANJARBARU – Media digital saat ini menjadi salah satu tujuan utama masyarakat dalam mencari suatu informasi. Memanfaatkan kondisi tersebut, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan prov Kalsel melalui bidang kebudayaan membuat Podcast (siaran) Kesenian yang disiarkan melalui kanal youtube “bid kebudayaan kalsel”.

Kepala Seksi Kesenian Bidang Kebudayaan Disdikbud Prov Kalsel, D. Sunjaya Adhiarso, mengatakan podcast ini merupakan hasil implementasinya dari Diklat Inovasi Kesenian yang dilaksanakan pada akhir tahun kemarin.

“Kita mulai podcast ini mulai pertengahan bulan November tahun kemarin,” ungkapnya melalui sambungan telepon, Jumat (14/1).

Tujuan pembuatan podcast, diakuinya, agar masyarakat di Kalsel dapat mengetahui informasi kebudayaan khususnya kesenian yang ada di banua ini.

“Karena saat ini media digital menjadi sumber informasi tercepat yang sampai ke publik, makanya kita lakukan inovasi ini, agar masyarakat tidak buta tentang kesenian di daerahnya sendiri,” tuturnya.

Sejauh ini, sudah ada 4 narasumber yang ikut berpatisipasi dalam memperkenalkan kesenian Kalsel. Diantaranya dari Seni Bapandung yaitu Abdus Sukur, seni Madihin yaitu Ferdi Irawan, kemudian dari kuliner khas kalsel Master Chef Agus Sasirangan, serta salah seorang seni anyaman purun yang langsung dari kampung Purun Banjarbaru.

“Sementara ini setidaknya kita lakukan podcast ini minimal satu bulan sekali,” jelasnya.

Kedepannya, diharapkan podcast ini dapat merambah ke cakupan yang lebih luas, seperti membahas kebudayaan, warisan budaya serta sejarah Kalsel. (SYA/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.