18 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Masyarakat Kalsel Jangan Takut Untuk Operasi Jantung Terbuka di RSUD Banjarmasin

3 min read

Gubernur Provinsi Kalsel Sahbirin Noor saat menyampaikan pesan

BANJARMASIN – Setelah mendapatkan perawatan selama 2 pekan setelah menjalani operasi jantung terbuka pertama di RSUD Ulin Banjarmasin, akhirnya kedua pasien Fadlan Nursin warga Kota Banjarmasin serta H Abdul Mukti warga Binuang, diperbolehkan pulang ke rumah.

Foto bersama pada saat pelepasan kepulangan pasien

Pelepasan kepulangan pasien operasi jantung terbuka pertama tersebut dilakukan langsung oleh Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, di RSUD Ulin Banjarmasin, Rabu (5/1).

Dalam sambutannya Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini mengatakan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan tentunya memberikan apresiasi dan dukungan kepada keberhasilan RSUD Ulin Banjarmasin dibantu RS Jantung Harapan Kita, telah berhasil melakukan operasi pada pasien jantung di rumah sakit milik Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan ini.

“Tentunya keberhasilan operasi jantung terbuka tersebut merupakan hal yang menggembirakan bagi seluruh masyarakat di Provinsi Kalimantan Selatan,” ungkap Paman Birin.

Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan meminta agar RSUD Ulin Banjarmasin terus menindaklanjuti pelayanan operasi jantung terbuka ini, untuk masyarakat di Banua ini.

“Pemprov Kalsel meminta agar RSUD Ulin Banjarmasin terus meningkatkan SDM tenaga medis untuk operasi jantung terbuka,” ucapnya.

Menurut Paman Birin, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan memiliki harapan kepada RSUD Ulin Banjarmasin, agar dapat terus meningkatkan kualitas kemampuan RSUD Ulin Banjarmasin, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di Banua ini.

Begitu juga, lanjutnya, untuk kualitas SDM agar terus ditingkatkan seperti kemampuan tenaga medis operasi jantung terbuka di RSUD Ulin Banjarmasin. Bantuan peningkatan SDM seperti, peningkatan kemampuan melalui pelatihan berkala, peningkatan pendidikan, serta lainnya.

“Maka dengan begitu operasi jantung terbuka di RSUD Ulin Banjarmasin ini kedepannya, dapat dilakukan secara mandiri,” ucap Paman Birin.

Sementara itu Plt Direktur RSUD Ulin Banjarmasin Izzak Zoelkarnain Akbar mengatakan, saat ini merupakan hari yang menggembirakan bagi kedua pasien operasi jantung terbuka pertama di RSUD Ulin Banjarmasin. Setelah melalui perawatan dan pengobatan pasca operasi jantung terbuka yang dilakukan, 23 Desember 2021 lalu dan saat ini telah dinyatakan boleh pulang untuk kedua pasien jantung tersebut, yaitu Fadlan Nursin warga Kota Banjarmasin serta H Abdul Mukti warga Binuang.

“Pasien diperoleh pulang, namun tetap melakukan pengobatan rawat jalan,” ucap Izzak.

Dalam kesempatan tersebut, Izzak juga mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan Sahbirin Noor yang telah memberikan bantuan dan dukungan penuh sehingga operasi jantung terbuka dapat dilakukan di RSUD Ulin Banjarmasin.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan Sahbirin Noor atas dukungan yang telah memberikan,” ujarnya.

Sedangkan, kedua pasien jantung terbuka pertama di RSUD Ulin Banjarmasin mengungkapkan, rasa gembira atas keberhasilan operasi yang mereka jalani tersebut.

Pasien Jantung Terbuka pertama di RSUD Ulin Banjarmasin Abdul Mukti mengatakan, ia merasa gembira ketika diberitahu jika operasi jantung terbuka dapat dilakukan di RSUD Ulin Banjarmasin. Dan, saat ini tidak perlu lagi untuk pergi ke Jakarta untuk melakukan operasi tersebut.

“Sebelum dilakukan operasi kami mendapat penjelasan mengenai operasi jantung terbuka tersebut. Sehingga, kami pun memutuskan untuk melakukan operasi jantung terbuka di rumah sakit milik Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan ini,” ungkap Fadlan Mukti.

Hal senada juga disampaikan pasien Jantung Terbuka pertama di RSUD Ulin Banjarmasin Fadlan Nursin warga Kota Banjarmasin. Ia pun memutuskan untuk menjalankan operasi jantung terbuka di RSUD Ulin Banjarmasin.

“Warga di Provinsi Kalimantan Selatan yang memiliki penyakit jantung seperti kami, agar dapat menjalankan operasi jantung terbuka di RSUD Ulin Banjarmasin seperti kami berdua,” ucapnya.

Menurut Fadlan Nursin, setelah melakukan operasi jantung yang ia rasakan saat ini lebih nyaman dan tidak merasakan sakit lagi. (SRI/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.