24 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

HIV/AIDS di Kalsel Saat Ini Didominasi Oleh Usia Produktif

1 min read

Sekretaris KPA Kalsel Mursalin

BANJARMASIN – Berdasarkan catatan KPA Provinsi Kalimantan Selatan terhadap angka kasus HIV/AIDS selama Tahun 2021 didominasi oleh usia produktif.

Sekretaris KPA Kalimantan Selatan Mursalin mengatakan, kasus HIV/AIDS di Provinsi Kalimantan Selatan mengalami peningkatan di Tahun 2021.

“Dari Januari hingga September 2021 untuk angka kasus HIV/AIDS di Provinsi Kalimantan Selatan berjumlah 3.360 kasus,” ungkap Mursalin, kepada sejumlah wartawan, belum lama tadi.

Dari jumlah tersebut, lanjutnya, Kota Banjarmasin menjadi penyumbang terbanyak kasus HIV/AIDS di Provinsi ini.

“Sedangkan mayoritas penularan masih dipicu oleh hubungan seks, dengan persentase mencapai 95 persen,” ucapnya.

Mursalin menyarankan, agar Pemerintah Daerah seperti Pemerintah Kota Banjarmasin agar dapat mengurangi faktor resiko penularan HIV/AIDS tersebut, dengan memperhatikan faktor hubungan seks tersebut. Seperti terus menghimbau, agar warganya tidak melakukan seks bebas dengan sering berganti ganti pasangan serta lainnya.

Sedangkan untuk penyandang HIV/AIDS didominasi usia produktif. Dengan kisaran usia 20 – 30 tahun.

Menurut Mursalin, tentu hal tersebut mengkhawatirkan. Oleh karena itu, pihaknya terus merupakan untuk menemukan kasus HIV/AIDS sedini mungkin. Agar pengobatan dapat cepat dilakukan. Dan, tidak menularkan kepada yang lain.

“Kami mengajak seluruh masyarakat di Provinsi Kalimantan Selatan agar tidak malu untuk memeriksakan diri, apabila menemukan adanya dugaan gejala HIV/AIDS kepada pusat layanan kesehatan terdekat di tempat tinggal mereka,” ucap Mursalin. (SRI/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.