29 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Fasilitasi Pemulangan PMI, Amir Sihotang: Ini Bukti Negara Hadir Lindungi Pahlawan Devisa

2 min read

BANJARBARU – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Banjarbaru Wilayah Kalimantan Selatan dan Tengah, memfasilitasi pemulangan seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang menderita sakit di Arab Saudi ke daerah asal, yakni Desa Sei Rutas Hulu Kecamatan Candi Laras Selatan Kabupaten Tapin, Sabtu (25/12) kemarin.

Proses pemulangan PMI asal Tapin Kalsel yang sakit di Arab Saudi

Pemulangan ini berawal dari informasi yang didapatkan melalui KJRI Jeddah, yang menerima pengaduan adanya WNI/PMI bernama Norainah Binti Yahya berusia 58 tahun yang ditemukan lumpuh di jalan kemudian dibawa dan dirawat di Rumah Sakit King Abdul Azis Makkah. Yang mana menurut petugas medis yang menemukan, kondisi lumpuh disebabkan oleh patah tulang.

Melalui press release yang disampaikan Kepala UPT BP2MI Banjarbaru Wilayah Kalselteng, Amir Hakim Abdi Sihotang, setelah menjalani perawatan sejak Januari 2021, kondisi PMI dimaksud cukup membaik walaupun masih tidak dapat bergerak dan tidak mampu berkomunikasi namun telah memungkinkan untuk discharge dari rumah sakit.

“KJRI Jeddah kemudian menjadwalkan fasilitasi pemulangan PMI dimaksud ke Indonesia pada tanggal 10 Desember 2021 tetapi mengalami penundaan akibat hambatan pada proses validasi rekam biometrik/sidik jari pada saat menjalani prosedur keimigrasian di Arab Saudi,” ujarnya

Fasilitasi pemulangan dari Arab Saudi ke Indonesia akhirnya dapat dilaksanakan dengan pendampingan petugas KJRI Jeddah pada Kamis, 16 Desember 2021 dan selanjutnya PMI dimaksud menjalani perawatan di Rumah Sakit Polri Jakarta. PMI dimaksud juga telah menjalani RT-PCR dengan hasil negatif.

Fasilitasi pemulangan PMI ini dari Jakarta ke Banjarmasin dan selanjutnya ke daerah asal dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 25 Desember 2021 dengan pendampingan petugas medis dan prosedur medis yang diperlukan.

“Selama proses pemulangan dari Jakarta ke Banjarmasin, UPT BP2MI Banjarbaru senantiasa berkoordinasi dengan kantor pusat BP2MI, UPT BP2MI Jakarta dan UPT BP2MI Serang untuk memastikan pelayanan dan penanganan terbaik kepada PMI dimaksud,” terangnya.

Untuk pemulangan ke daerah asal, disampaikan Amir, UPT BP2MI Banjarbaru bersinergi dengan Pemprov Kalsel melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi serta Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pemerintah Kabupaten Tapin melalui Dinas Tenaga Kerja, Pemerintah Kecamatan Candi Laras Selatan, Pemerintah Desa Sei Rutas Hulu dan Angkasa Pura.

UPT BP2MI Banjarbaru menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas bantuan semua pihak yang terlibat dalam fasilitasi pemulangan PMI sakit ini.

“Sinergi ini merupakan wujud kehadiran negara dalam melayani dan melindungi setiap PMI,” katanya. (BP2MI.BJB-ASC/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.