23 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

2022, Pemprov Targetkan Nilai Investasi Kalsel 14 Triliun

1 min read

Kepala Dinas PMPTSP provinsi Kalsel, Nafarin

BANJARBARU – Seiring melandainya wabah pandemi, nilai investasi Kalsel mulai merangkak naik. Ditahun depan ada sejumlah investasi senilai triliunan rupiah yang direncanakan masuk di provinsi ini.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) prov Kalsel, Nafarin, mengungkapkan banyaknya investor yang masuk membuat pihaknya optimis untuk meningkatkan target nilai investasi banua ini ke angka Rp14 triliun.

“Kita kan sudah ada gambaran bahwa nantinya akan ada investasi yang baru lagi,” ungkapnya.

Nafarin memaparkan, investasi yang akan masuk salah satunya berasal dari negeri Oman. Dimana rencananya investor itu akan menjalankan usaha di bidang kilang minyak di Kabupaten Kotabaru.

“Investasinya cukup besar antara 4 sampai 6 triliun. Rencananya minyak produksi di sana untuk menyuplai ke Ibu Kota Negara (IKN) yang baru,” paparnya.

Di kabupaten tersebut Nafarin juga menyebut, PT Qinfa Mining Industry saat ini sedang membangun tambang bawah tanah (underground mining).

“Mereka juga akan membangun industri kokasnya. Dimana nantinya kokas tersebut akan menggunakan batubara dengan kalori yang sangat tinggi,” ucapnya.

Masuknya sejumlah investasi di tahun mendatang juga menjadi kesempatan Pemprov Kalsel untuk meningkatkan kesejahteraan Usaha Kecil Menengah (UKM) di provinsi ini.

Nafarin membeberkan, pihaknya sedang melakukan pendekatan kepada 16 perusahaan besar di Kalsel, untuk menjalin kerjasama kemitraan dengan UKM.

“Sebagian dari perusahaan tersebut sudah melakukannya, tetapi sementara belum diformalkan, karena masih dikaji oleh PT Suveyor Indonesia,” pungkasnya. (TR21-01/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.