24 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Angka Harapan Hidup Meningkat, DPRD Kalsel Apresiasi Pemprov

1 min read

Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, M. Lutfi Saifuddin

BANJARMASIN – Angka harapan hidup di Kalsel terus mengalami perbaikan dan peningkatan dalam dua tahun berturut-turut mendapatkan apresiasi positif dari Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammad Lutfi Saifuddin.

Mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS), disebutkan pada tahun 2019 angka harapan hidup Kalsel di angka 68,49. Kemudian tahun 2020 meningkat di angka 68,66 dan terakhir dilansir BPS tahun 2021 di angka 68,83.

“Hal itu artinya angka harapan hidup Kalsel terus meningkat. Selain itu, berarti juga bahwa jumlah kematian juga semakin berkurang,” kata Lutfi kepada wartawan, Senin (27/12).

Ia menilai masyarakat Kalsel sudah bisa mengadopsi pola hidup baru yang mengedepankan prokes sehingga angka harapan hidup meningkat.

Selain itu, menurut Lutfi, angka tersebut juga menunjukkan bahwa program-program preventif maupun promotif yang sudah dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel melalui Dinas Kesehatan mengalami perbaikan.

“Kami apresiasi hal tersebut. Semoga ini dapat terus ditingkatkan sehingga ke depan bisa lebih maksimal memberikan layanan kesehatan masyarakat di Kalsel,” harapnya.

Lutfi juga mengimbau agar ada penelaahan yang lebih mendalam dari Pemprov Kalsel terkait faktor-faktor apa saja yang membuat angka harapan hidup di Kalsel meningkat di masa Pandemi COVID-19.

“Mungkin ini menjadi masukan kami ke Dinkes Kalsel untuk bisa lagi meningkatkan faktor yang menyebabkan angka harapan hidup meningkat,” pungkasnya. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.