24 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Jelang Perayaan Natal 2021, Polda Kalsel Sterilisasi Tempat Ibadah

2 min read

Suasana pengamanan tempat ibadah jelang perayaan Natal

Banjarmasin – Guna memberikan rasa aman menjelang ibadah dan perayaan Natal 2021, Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar sterilisasi tempat ibadah (Gereja) di Kota Banjarmasin, pada Jum’at (24/12). Sterilisasi dilakukan Tim Gegana Brimob bersama Tim K-9 Dit Samapta Polda Kalsel, dan Polresta Banjarmasin dengan dipimpin Kompol Susilo.

Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto melalui Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifa’i, S.I.K. mengatakan, pengamanan perayaan Natal ini berbeda dari perayaan sebelumnya. Mengingat, perayaan Natal kali ini pengamanan juga diiringi dengan perlakuan standar Protokol Kesehatan (Prokes) COVID-19 yang ketat.

“Seperti biasa, kita lakukan sterilisasi penyisiran ke sejumlah sudut ruangan, baik di altar gereja, tempat duduk jemaat dan sekitarnya dengan melibatkan anggota Gegana Brimob dan K9 Dit Samapta,” kata Kabid Humas.

Dimana, pengecekan akhir persiapan pengamanan ibadah dan perayaan Natal ini bertujuan untuk mengecek kesiapan personil dalam memberikan rasa aman selama pelaksanaan kegiatan berlangsung.

“Perayaan Natal bersama yang berlangsung di Kota Banjarmasin didahului ibadah oleh umat Kristiani, tentunya sangat berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas gangguan dari pelanggaran Protokol Kesehatan COVID-19, maka dari itu Prokes menjadi target utama dalam pengamanan kali ini,” jelasnya.

Rifa’i menuturkan, kegiatan pre-emtif dan preventif secara umum sudah dilaksanakan. Diantaranya penerapan Prokes yang wajib dilakukan secara ketat guna mencegah penyebaran COVID-19.

Selain sterilisasi benda-benda berbahaya, terlebih dahulu dilakukan penyemprotan disinfentan. Mengingat perayaan Natal masih berada di tengah situasi Pandemi COVID-19.

“Sterilisasi ini dilakukan untuk memastikan tempat yang dihadiri umat Kristen dan Katolik yang hendak melaksanakan peribadatan tetap aman,” terang Kabid Humas.

Lebih lanjut diterangkan, sebanyak sepertiga personil Polda Kalsel telah disiapkan untuk mengondusifkan Natal dan Tahun Baru. Selain sterilisasi terhadap ancaman berbahaya, pihak Kepolisian juga melakukan pemantauan.

Adapun gereja yang dilakukan sterilisasi meliputi Gereja Santa Maria Jalan Rantauan Timur Banjarmasin Selatan, Gereja Pantekosta Jalan Veteran Banjarmasin Tengah, Gereja Katolik Hati Yesus Yang Maha Kudus Jalan Veteran Banjarmasin Tengah, Gereja HKBP Jalan Pangeran Samudera Banjarmasin Tengah, dan Gereja GKE Eppata Jalan DI Panjaitan Banjarmasin Tengah. (POLDAKALSEL-RIW/RDM/APR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.