27 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Para Seniman Diajak Bumikan Pancasila Melalui Program Seni dan Budaya

2 min read

Suasana Sosialisasi Wawasan Kebangsaan oleh Anggota DPRD Kalsel Syarifah Rugayah

Batola – Para seniman di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) diajak membumikan nilai-nilai Pancasila dan Wawasan Kebangsaan melalui program seni dan budaya. Hal itu disampaikan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalsel, Syarifah Rugayah kepada wartawan, usai melakukan sosialisasi Wawasan Kebangsaan di kawasan Handil Bakti, Kamis (24/12).

Anggota DPRD Kalsel Dua Periode itu mengakui bahwa nilai-nilai Pancasila sudah diterapkan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Meskipun demikian, menurutnya, Pancasila dan Wawasan Kebangsaan harus terus disosialisasikan agar tidak mudah dilupakan dan tetap menjadi pegangan berbangsa dan bernegara.

“Sebenarnya masyarakat sudah menerapkan nilai-nilai Pancasila ini dalam aktivitas sehari-hari. Namun, tetap harus terus disosialisasikan untuk menjadi pengingat,” katanya.

Syarifah menambahkan program seni dan budaya dapat menjadi sarana untuk menyampaikan pesan-pesan positif termasuk nilai-nilai Pancasila dan Wawasan Kebangsaan. Sehingga diharapkan Pancasila dapat lebih luas disebarkan kepada para penonton pertunjukan seni dan budaya.

“Para seniman ini bisa ikut mensosialisasikan nilai-nilai Pancasila itu melalui musik tradisional seperti musik panting, pertunjukan dan kegiatan seni dan budaya lainnya agar pesan-pesan dari nilai Pancasila bisa sampai kepada para penontonnya,” jelasnya.

Sementara itu, narasumber dalam kegiatan itu, Widya Iswara Ahli Madya Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kalsel, Ratna Rosana mengatakan ketika seseorang mempelajari wawasan kebangsaan maka dia akan menjadi orang yang beriman sesuai dengan agama dan keyakinannya masing-masing. Selain itu, dia akan menaati hukum yang berlaku, menjaga persatuan dan kesatuan serta bermusyawarah ketika mengambil keputusan.

“Oleh karena itu empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika itu harus kita kuasai sebagai Bangsa Indonesia. Jadi dimengerti teorinya, dipahami, dihayati dan diamalkan,” jelasnya.

Sedangkan Pembina Yayasan Sanggar Budaya Kalsel, Elly Rahmi menyambut baik Sosialisasi Wawasan Kebangsaan ini. Pasalnya, ia menilai kegiatan ini penting dilakukan, khususnya kepada seniman dari kalangan muda dan generasi milineal yang harus memiliki ketahanan ideologi sebagai jati diri bangsa. (NRH/RDM/APR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.