17 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Dispar Kalsel Apresiasi DPD PAI Gelar Pameran dan Lomba Untuk Majukan Pariwisata

2 min read

Salah satu anggrek. (sumber foto google)

BANJARMASIN – Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan Muhammad Syarifuddin, kepada wartawan, Kamis sore (9/12) menyampaikan, sangatlah mengapresiasi langkah DPD Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) Kalsel, dalam menggelar pameran dan lomba, dengan harapan akan semakin memajukan pariwisata.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammad Syarifuddin

“Penyelenggaraan Meratus Orchid Show ke – 9 tahun ini, merupakan event nasional, peserta tidak hanya berasal dari Kalsel, namun luar daerah, sehingga dapat memberi dampak kepada sektor pariwisata,” katanya

Disampaikan Syarifuddin, dalam proposal DPD Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) Kalsel, mengajukan dana hibah sejak tahun 2020 lalu, namun baru tahun ini disetujui, karena sebelumnya masih awal terjadi pandemi COVID-19. Kegiatan Meratus Orchid Show digelar selama 3 hari, mulai 10 – 12 Desember 2021, berlokasi di halaman eks kantor Gubernur Kalsel.

“Warga bisa datang untuk melihat langsung, tentu dengan disilpin prokes, sederet spesies tanaman anggrek akan ada, mulai dari anggrek hybrid atau silangan, anggrek Kalimantan dan anggrek langka yang sulit ditemukan,” jelasnya

Sementara itu, Sekretaris Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) Kalsel, Marzuki mengatakan, penyelenggaraan Meratus Orchid Show ke – 9 tahun ini, dengan tema “Bergema” yaitu bergerak membersamai meratus, yang bertujuan untuk semakin menanamkan rasa kecintaan kepada masyarakat, terhadap anggrek khususnya Meratus. Mengingat dipegunungan Meratus habitatnya ribuan species anggrek yang harus dilestarikan.

“Kami ingin lomba dan pameran ini dapat membuat warga senang dengan anggrek, dan nanti akan melestarikan,” pintanya

Lebih lanjut Marzuki menambahkan, saat ini telah dipersiapkan sebanyak 50 stand berbagai macam jenis anggrek, dengan menghadirkan juri dari luar daerah. Selain itu dalam kegiatan, juga ada stand geopark Kalsel, Komunitas Pecinta Hewan, Stand Kuliner UMKM, ikan dan tanaman hias.

“Kita sangat berterima kasih, apresiasi dari Dispar Kalsel dalam kegiatan ini melalui dana hibah 200 juta rupiah,” tutupnya. (NHF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.