24 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Legislator Perempuan, Ajak Masyarakat Sosialisasikan Perda Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

1 min read

Suasana Sosper Nomor 11 Tahun 2018 oleh Anggota Komisi IV DPRD Kalsel, Syarifah Rugayah

BANJAR – Kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak yang masih terjadi di provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mendapatkan perhatian dari Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalsel Hj. Syarifah Rugayah.

Menurut data simfoni PPA tahun 2021, hingga Agustus 2021 terjadi 126 kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kalsel. Sedangkan, sampai bulan September 2021 terjadi peningkatan menjadi 186 kasus, yang didominasi kekerasan terhadap perempuan.

“Meningkatnya kasus kekerasan tersebut sudah semestinya menjadi perhatian dan mendorong semua pihak termasuk Dewan untuk bersinergi melindungi perempuan dan anak,” katanya kepada wartawan, Senin (6/12).

Oleh karena itu, Syarifah Rugayah kembali melaksanakan sosialisasi Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2018 tentang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang diikuti oleh para guru hingga orangtua bertempat di TK/PAUD ADZKIA Kecamatan Martapura pada Jum’at (3/12).

“Kita sangat mengharapkan kepada seluruh peserta sosper untuk menyosialisasikan perda ini, karena sekarang banyak kita temui kekerasan terhadap perempuan dan anak,” jelasnya.

Diungkapkan Syarifah Rugayah, bahwa setiap perempuan dan anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang secara wajar serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

“Perlakuan diskriminatif dan kekerasan terhadap perempuan dan anak akan berdampak terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia di masa mendatang,” ucapnya.

Sehingga, perda ini dinilai penting untuk menjamin terselenggaranya pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di Kalsel.

Dalam sosper kali ini, Srikandi DPRD Kalsel dari Fraksi Golkar ini mengajak pengamat permasalahan perempuan dan anak, Husnul Hatimah sebagai nara sumber. (NRH/RIW/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.