18 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Gerai UMKM Bandara Internasional Syamsudin Noor Resmi Dibuka

2 min read

Sekda Prov Kalsel Roy Rizali Anwar (biru tengah) saat meninjau gerai UMKM

BANJARBARU – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Koperasi dan UKM Prov Kalsel melakukan Grand Opening Gerai UMKM Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin lantai 2 Terminal Keberangkatan di Banjarbaru, Senin (29/11).

Gerai UMKM Bandara Internasional Syamsudin Noor ini merupakan hasil kerja sama antara Angkasa Pura I, melalui salah satu anak perusahaannya Angkasa Pura Retail, dengan Dinas Koperasi & UKM Prov Kalsel dan PT Sarinah.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, diwakili Sekretaris Daerah Prov Kalsel Roy Rizali Anwar, bersama Dirut PT Sarinah Fetty Kwartati meresmikan gerai secara simbolis dengan pemotongan pita.

Sekda Prov Kalsel Roy Rizali Anwar (biru tengah) saat melakukan pemotongan pita bunga

Dengan adanya gerai ini, diharapkan dapat dimaksimalkan oleh pelaku usaha untuk menampilkan produk olahan khas Kalsel.

“Pelaku UMKM semakin termotivasi untuk membuat produk yang kreatif dan memiliki nilai histori produk, dari cara pembuatan, kenapa itu di buat dan apa bahan bakunya,” ucap Roy.

Selain itu, Roy berharap gerai ini dapat menjadi wadah untuk meningkatkan kembali ekonomi pelaku UMKM yang selama ini tertahan akibat wabah pandemi.

“Pandemi sudah mulai melandai, kegiatan ekonomi juga sudah mulai meningkat, kita harapkan para pelaku UMKM dapat memberikan kontribusinya,” harap Roy.

Di ruang seluas 232 meter persegi, sedikitnya 552 produk olahan dari 99 mitra binaan UMKM Bank Indonesia dan Dinas Koperasi dan UKM prov Kalsel dipasarkan di gerai ini.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan UKM prov Kalsel Gustafa Yandi menyebut, gerai ini merupakan strategi pemerintah provinsi untuk memasarkan produk unggulan khas Kalsel.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kalsel Gustafa Yandi

“Kita mulanya menyurati pihak Angkasa Pura, kemudian dipertemukan dengan PT Sarina karena perusahaan ini merupakan BUMN yang sangat berpengalaman di bidang retail dan kita juga mengundang Bank Indonesia,” jelas Yandi.

Sebelumnya gerai ini sudah dilakukan Soft Opening pada bulan Agustus lalu, namun akibat masih berada dalam masa pandemi, pengoperasian gerai masih belum maksimal.

“Hari ini pandemi sudah mulai melandai, gerai ini sudah bisa kita operasikan secara totalitas terhitung sejak hari ini, kita akan coba tambahkan lagi produk berkualitas yang kita miliki, ” pungkas Yandi.

Turut hadir sebagai undangan pada Grand Opening di antaranya, Direktur Utama PT. Sarinah Persero Feti Kwartati, Vice President Non Aeronautical Business PT AP1 Ahmad Syaugi Shahab, Direktur Utama PT. AP1 Faik Fahmi, Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Prov Kalsel Rahmad Dwisaputra, Kepala SKPD terkait, dan tamu undangan lainnya. (TR21-01/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.