22 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Webinar Litdig Kotabaru : Lindungi Ancaman dari Dunia Maya

2 min read

KOTABARU – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI bekerjasama dengan Siberkreasi menggelar webinar literasi digital bertema “Lindungi Ancaman Dari Dunia Maya “untuk wilayah Kotabaru, Jumat ( 22/10/21) sore.

Salah satu narasumber Setio Budi Hendro Utomo dalam materinya “Keamanan Digital”menjelaskan bahwa kita harus berhati – hati ketika kita masuk pada sebuah sistem website, harus verifikasi, dipastikan dulu, cek sumbernya jangan sampai info yang kita terima adalah Hoax.

” Jangan menyebarluaskan langsung info tanpa kita cek dulu kebenaran data dan sumbernya, ini harus kita cermati betul-betul, pastikan kita selalu punya waktu dalam melakukan cek ini, sama halnya jika ingin belanja online maka cek dulu histori toko penjualnya”ungkap Setio Budi.

“Banyak sekali saat ini website di penjualan online dan pastikan kita bisa mencek apakah itu resmi ataupun tidak, contoh jika ada sebuah penjualan online menawarkan produk dengan harga sangat murah dibawah standar harga kebiasaan ini harus hati2 karena bisa berpotensi modus penipuan” pesan Setia Budi.

Ditambahkannya” cek no rekening toko online apakah itu betul miliknya atau bukan, kemudian untuk pasword untuk media sosial dan akun kita juga baiknya dibuat dengan kode nama dan gabungkan huruf acak namun harus tetap bisa kita ingat, jangan membuat pasword dengan tanggal lahir, nama pendek atau nama kucing peliharaan kita misalnya, karena akan sangat mudah ditembus atau di Hack oleh orang lain.

Sementara itu Didiek Risnu Wardhana dengan materi “Kecakapan Digital” menggaris bawahi tentang berita Hoax itu apa? yang mempunyai definisi adalah suatu berita yang tidak benar tetapi dibuat seolah-olah benar adanya, hal ini tidak seperti rumor atau berita palsu atau April Mop.

“Hoax sendiri sengaja dibuat agar masyarakat kebingungan dimana pada saat itu masyarakat akan mengambil akan mengambil keputusan yang tidak meyakinkan bahkan salah”Didiek.

Webinar Literasi Digital ini menghadirkan KEYNOTE SPEECH
Semuel Abrijani Pangerapan Direktur Jendral Aplikasi Informatika, Moderator Satria Pamungkas TV Host & Master of Ceremony, Key Opinion Lead Chika Audhika Co-Founder & CMO of Bicara Project
NARASUMBER Setio Budi Hendro Utimo Kaprodi Ilmu Komunikasi Atmajaya
Didiek Risnu Wardhana J Co founder Neuchance
Muhamad Bagas SilitongaCo founder Basicre. (RILIS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.