4 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Gubernur Kalsel Komitmen Untuk Tingkatkan Ekspor Sektor Pertanian di Kalsel

1 min read

BANJARBARU – Provinsi Kalimantan Selatan yang diwakili oleh Kabupaten Kotabaru berhasil meraih penghargaan peringkat pertama Ekspor Pertanian dari Kementerian Pertanian.

“Alhamdulillah Kalsel dapat penghargaan dari sub sektor perkebunan yaitu kelapa sawit,” ujar Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalsel, Suparmi, Kamis (23/9), saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon.

KadisBunnak Kalsel Suparmi

Seperti diketahui ujar Suparmi, Kabupaten Kotabaru yang merupakan wilayah dengan perkebunan kelapa sawit terluas di Kalimantan Selatan mencapai 156,554 ha dari total luas sawit Kalsel 426.445 ha, dengan produksi mencapai 585,713 Ton CPO.

Ia juga menyebut, berbagai upaya untuk meningkatkan produksi dan produktivitas perkebunan sawit di beberapa kabupaten potensial di Kalsel pun terus dilakukan.

“Program ini berasal dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit,” terangnya.

Untuk dapat menerima bantuan ini kata Suparmi, bagi pekebun yang produksi dan produktivitasnya rendah, yakni dibawah dari 10 ton per hektar, atau yang berasal dari bibit palsu atau tidak unggul.

“Sejak 2018, peremajaan sawit rakyat dialokasikan untuk lima kabupaten; Tanah Laut, Tanah Bumbu, Kotabaru, Banjar dan Batola. Namun bagi kabupaten lain yang mempunyai potensi sangat diperbolehkan untuk mengusulkan,” jelasnya.

Suparmi juga berujar, penghargaan ini disambut baik oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, yang mana hal ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Mengingat dengan tingginya eskpor, maka TBS rakyat semakin banyak yang dapat berkontribusi terhadap peningkatan nilai ekspor.

“Sebagai bentuk komitmen Pak Gubernur, beliau juga telah membentuk tim percepatan dan peningkatan eskpor pertanian yang dikomandoi oleh Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwar,” ujarnya. (ASC/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.