18 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Harga TBS Kelapa Sawit Naik Pada September 2021

1 min read

KadisBunnak Kalsel Suparmi bersama Kabid Perencanaan dan Pemanfaatan Hutan Dishut Kalsel, Warsita

BANJARBARU – Tim Penetapan Harga Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit Dinas perkebunan dan peternakan provinsi Kalimantan Selatan kembali menggelar rapat penetapan harga TBS, di ruang rapat Kelapa Sawit, Kamis (16/9) kemarin.

Hasil perhitungan rapat TBS yang disampaikan Kepala Bidang Penyuluhan, Pengolahan dan Pemasaran Disbunnak Kalsel, Muhammad Rusli, menyepakati perhitungan untuk harga CPO bulan September naik menjadi Rp. 11.214.95; Inti Sawit mengalami penurunan menjadi Rp5.620.71 sedangkan nilai Indeks K naik menjadi 87,47 persen.

“Untuk harga TBS kelapa sawit periode bulan September, mengalami kenaikan harga rata-rata sebesar 6 persen dengan harga terendah pada umur tanaman 3 tahun, Rp1.692.75 dan harga tertinggi Rp2.350.41 pada umur tanaman 13 tahun,” ujarnya melalui rilis Disbunnak Kalsel.

Kegiatan yang dibuka Kepala Disbunnak Kalsel, Suparmi ini, turut juga dihadiri oleh Perusahaan Mitra, Perwakilan Petani Plasma, Perwakilan Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO), Perwakilan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Kalimantan Selatan, serta Tim Penetapan Harga TBS.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi tentang Upaya Penataan dan Penyelesaian Keterlanjuran Kegiatan Usaha Perkebunan yang Berada Dalam Kawasan Hutan yang disampaikan oleh Kabid Perencanaan dan Pemanfaatan Hutan, Dinas Kehutanan provinsi Kalsel selaku narasumber, Warsita.

Beberapa aspek penting yang dijelaskan Warsita dalam paparannya, meliputi Pengukuhan Kawasan Hutan, Perubahan Peruntukan dan Fungsi Kawasan Hutan serta Penataan Kawasan Hutan. (DISBUNNAKKALSEL-ASC/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.