4 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Pembayaran Samsat Digital Melalui E-KTP Masih Terus Digenjot

2 min read

Ilustrasi : STNK dan BPKB

BANJARBARU – Pembayaran Samsat online yang rencananya mampu terintegrasi melalui e-KTP hingga kini masih terus diupayakan Pemerintah Provinsi bersama Bank Kalsel supaya mampu terealisasi.

Kabid Pendapatan Pajak Daerah Bakeuda Kalsel, Rustamaji, menyebutkan sebelum diluncurkannya layanan berbasis digital tersebut. Sebagai persiapan, terlebih dahulu pihaknya masih melakukan validasi data secara akurat.

Kabid Pendapatan Pajak Daerah Bakeuda Kalsel, Rustamaji

“Sebelum meluncurkan inovasi ini, nantinya kami harus mengupgrade data-datanya agar realisasi kedepannya mampu diterapkan,” ujarnya kepada Abdi Persada FM, di ruang kerjanya, beberapa waktu yang lalu.

Meski demikian, dirinya menuturkan perencanaan tersebut tidak lepas dari dukungan penuh mitra kerja kesamsatan.

“Tentu dalam hal ini adalah Polri dan Jasa Raharja,” bebernya.

Ia mengatakan, apabila hasil data seluruhnya telah diperoleh. Maka, layanan pembayaran samsat online dengan sistem digital yang terintegrasi langsung melalui nomor telepon dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sudah dapat digunakan.

“Nantinya ini, kami harus berkoordinasi dengan Disdukcapil Kalsel terkait pemanfaatan akses data kependudukan. Jadi, masyarakat tidak harus susah-susah lagi datang dan antri di Samsat induk cukup membayar menggunakan e-KTP dan nomor selular saja,” paparnya.

Tujuan dilakukannya inovasi baru ini, lanjut Rustamaji, mengingat sejumlah provinsi di Indonesia telah menerapkan program pembayaran digital dengan sistem online yang terdektsi melalui NIK dari e-KTP terdaftar resmi.

“Jelas, ini akan mempermudah wajib pajak untuk bertransaksi dalam melakukan pelunasan pajak kendaraan bermotor (PKB) dan ini bisa dilakukan sejumlah retail (mini market) yang bekerjasama nantinya dengan Bank Kalsel dan Samsat,” pungkasnya.

Adapun provinsi di Indonesia yang kini telah menerapkan samsat digital melalui e-KTP adalah Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim). Bahkan, pembayarannya pun sudah mampu diakses di setiap wilayah kabupaten/kota. (RHS/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.