14 November 2025

Dorong Inovasi Guru, Disdikbud Kalsel Gelar Lomba Konten Pembelajaran VR

Foto bersama

BANJARMASIN – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalimantan Selatan, terus berupaya mendorong inovasi pembelajaran berbasis teknologi digital, salah satunya melalui Lomba Konten Pembelajaran Virtual Reality (VR) tahun 2025.

Salah satu peserta lomba konten pembelajaran Virtual Reality (VR) tahun 2025

Kegiatan yang digelar oleh Balai Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (BTIKP) Kalsel ini, menjadi ajang kreativitas bagi para guru untuk beradaptasi dan berinovasi, dalam pemanfaatan teknologi digital di dunia pendidikan. Hasil lomba diumumkan di salah satu hotel berbintang Banjarmasin, Rabu (29/10)

Kepala BTIKP Provinsi Rusiani (ki-ka)

Kepala Disdikbud Kalsel, Galuh Tantri Narindra, yang sambutannya dibacakan Kepala BTIKP Provinsi Rusiani, saat menutup lomba pembuatan konten pembelajaran berbasis Virtual Reality tahun 2025, menjelaskan, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya bersama untuk meningkatkan kreativitas dan kemampuan guru dalam merancang media pembelajaran yang menarik dan interaktif.

Oleh karena itu, guru dan peserta didik kini dituntut untuk berpikir kritis, kolaboratif, serta kreatif dalam memanfaatkan teknologi.

“Melalui lomba ini, para guru di Kalimantan Selatan membuktikan semangat dan kemampuan luar biasa mereka dalam berinovasi,” ucapnya

Rusiani menambahkan, karya Virtual Reality yang dihasilkan para peserta bukan hanya menarik secara visual, tetapi juga kaya nilai edukatif, serta berpotensi menjadi media pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi siswa.

Ia berharap semangat inovasi para guru terus tumbuh, dan pembelajaran digital di Kalimantan Selatan semakin berkembang menuju pendidikan yang kreatif, adaptif, dan berdaya saing tinggi.

“Para peserta yang mengikuti lomba ini dinilai telah mampu mempresentasikan ide pembelajaran mereka dengan sangat jelas melalui konten VR yang dibuat,” jelasnya

Sementara itu, salah satu juri nasional, Andes Rizky, mengapresiasi pelaksanaan lomba ini. Menurutnya, kegiatan tersebut tidak hanya menilai kemampuan guru beradaptasi dengan teknologi, tetapi juga kreativitas dalam menerapkan metode pembelajaran inovatif.

“Kami menilai berdasarkan kreativitas, ketelitian, kesesuaian dengan tema, pesan yang disampaikan, serta testimoni dari siswa,” ungkapnya.

Dari hasil penilaian juri, Rizqi Annisa, guru SMAN 1 Danau Panggang Kabupaten Hulu Sungai Utara, berhasil meraih Juara Pertama dengan karya berjudul “Galeri Sumber Bunyi Nusantara”, media pembelajaran berbasis VR yang mengenalkan alat musik tradisional Indonesia kepada siswa, sekaligus menjadi upaya pelestarian budaya bangsa.

“Saya sangat bangga dan termotivasi. Lomba ini menginspirasi kami para guru untuk terus berinovasi dan berkontribusi bagi kemajuan pendidikan di Kalimantan Selatan,” tutupnya

Adapun pemenang lainnya yaitu Dwi Nuryanto dari UPTD SMPN 5 Batu Ampar, Kabupaten Tanah Laut sebagai Juara Kedua, dan M. Roni Anshary dari SMAN 1 Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan sebagai Juara Ketiga. (NHF/RIW/RH)

Tinggalkan Balasan

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.