18 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Dinas PMD Kalsel Support Bantuan Karya Bakti TNI dan Bumdes pada Turdes 2024

2 min read

BANJARBARU – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kalsel turut mensupport bantuan Gubernur Kalsel untuk ke desa-desa dalam rangka mendukung kegiatan turun ke desa (Turdes) 2024, yang akan dilaksanakan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor beserta seluruh SKPD lingkup Provinsi Kalsel, mulai 1 hingga 6 Juli mendatang.

Hal ini disampaikan, Kepala Dinas PMD Provinsi Kalsel Faried Fakhmansyah, baru – baru tadi.

Faried menyampaikan, adapun bantuan yang disupport Bidang Pembangunan Sarana dan Prasarana Kawasan Perdesaan pada agenda Turdes nanti, yakni bantuan karya bakti TNI di Desa Maju Mulyo Kecamatan Manteweh Kabupaten Tanah Bumbu, dan di Desa laburan Kecamatan Kelumpang Hulu, Kabupaten Kotabaru.

Kepala Dinas PMD Kalsel Faried Fakhmansyah

“Desa Maju Mulyo Kecamatan Manteweh Kabupaten Tanah Bumbu direncanakan akan menjadi titik awal pemberian bantuan oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor pada kegiatan Turdes nanti,” ungkapnya.

Faried mengatakan pihaknya juga akan menyiapkan prasasti penandatanganan serta gapura, untuk menyambut kedatangan orang nomor 1 di Bumi Lambung Mangkurat ini di Desa Maju Mulyo Kecamatan Manteweh Kabupaten Tanah Bumbu.

“Pemotongan pita dan gapura tersebut bertujuan sebagai pembuka kegiatan karya bakti TNI di desa-desa yang akan diresmikan langsung oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor,” lanjutnya.

Ditempat yang sama, Kasi Pembangunan Sarana dan Prasarana Kawasan Perdesaan Dinas PMD Kalsel, Andie menambahkan, perbaikan jalan di desa-desa pun terus dilakukan melalui kegiatan karya bakti TNI yang merupakan hasil kerjasama antara Pemerintah Provinsi Kalsel bersama Korem 101/Antasari. Hal ini diharapkan dapat mempermudah akses bagi para warga yang tinggal di daerah desa yang terisolir.

Kasi Pembangunan Sarana dan Prasarana Kawasan Perdesaan, Andie Putra Pratama

“Dana Kegiatan Karya Bakti TNI untuk Desa Maju Mulyo Kabupaten Tanbu berasal dari dana APBD anggaran tahun 2023 yang senilai Rp4 milyar dan untuk Desa Terantang Kabupaten Batola, berasal dari dana APBD anggaran tahun 2024 dengan nilai mencapai Rp11 Milyar,” tutup Andie.

Selain bantuan kegiatan Karya Bakti TNI, Dinas PMD Kalsel juga mensupport bantuan dana hibah TP PKK Provinsi Kalsel kepada Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang tersebar di 11 Kabupaten pada kegiatan Turdes nantinya.

Kasi Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Ekonomi Desa Dinas PMD Kalsel, Indah Novita Purnamasari mengungkapkan, bantuan dana hibah dari TP PKK Kalsel untuk Bumdes akan diberikan kepada 21 Bumdes yang tersebar di 11 Kabupaten pada saat kegiatan Turdes nantinya.

“Untuk tahun 2024 ini, kami mendapat limpahan dana dari ketua TP PKK Provinsi Kalsel, Raudhatul Jannah Sahbirin Noor, untuk meningkatkan penguatan ekonomi keluarga melalui Bumdes ini, yang senilai Rp. 970.932.000 kepada 21 buah Bumdes di 11 kabupaten,” ungkap Novi saat dihubungi melalui sambungan telpon, Jum’at (28/6).

Novi menjelaskan, bukan hanya Bumdes binaan Pemerintah Provinsi Kalsel yang mendapatkan dana hibah tersebut, namun juga Bumdes binaan Pemerintah Kabupaten yang sesuai dengan kriteria penerima dana hibah, yakni harus memiliki badan hukum, aktif, serta memiliki usaha.

“Karena hibah itu sendiri untuk mengembangkan usaha bagi ketahanan keluarga nantinya,” lanjut Novi.

Dirinya mengungkapkan alasan dipilihnya 21 Bumdes penerima dana hibah TP PKK tersebut merupakan hasil rekomendasi dari Kabupaten kepada Dinas PMD Kalsel.

“Kami mengharapkan dengan adanya pemberian bantuan dana hibah ini dapat meningkatkan pengembangan usaha Bumdes swndiri yang nantinya juga berdampak pada penguatan ekonomi desa dan keluarga,” tutup Novi. (MRF/NRH/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.