18 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Pemprov Kalsel Tanamkan Cinta Museum Sejak Dini

2 min read

Kasi Cagar Budaya dan Permuseuman, didampingi Dewan Juri dan Pemenang Lomba

BANJARMASIN – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Bidang Kebudayaan Seksi Cagar Budaya dan Permuseuman Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel menggelar Lomba Mewarnai dengan tema “Museum di Hatiku” untuk usia 7-8 tahun.

Salah satu peserta Lomba Mewarnai

Kepala Seksi Cagar Budaya dan Permuseuman Disdikbud Kalsel, Arry Risfansyah mengatakan kegiatan tersebut digelar dalam rangka menanamkan kecintaan sejak dini terhadap generasi Alpha. Ia berharap, melalui kegiatan ini, para peserta dapat lebih mencintai Museum.

“Lomba mewarnai ini merupakan rangkaian dari Pameran Temporer di Museum Wasaka Kalsel, sejak tanggal 20-25 Juni 2024,” ucapnya kepada wartawan, Minggu (23/6).

Arry menjelaskan lomba mewarnai yang diikuti sebanyak 75 orang peserta yang tersebar di kota Banjarmasin menghadirkan juri tiga yang berkompeten yaitu Ketua Ikatan Pelukis Kalimantan Selatan (IPKS), Muslim Anang Abdullah, Ketua Bidang Seni Rupa DKKB, Endro Budi Raharjo dan Anggota IPKS Suci Melati.

“Selama perlombaan para peserta mendapat fasilitas berupa Crayon, Meja Gambar serta Media Gambar,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu juri Lomba Mewarnai, Muslim Anang Abdullah, menambahkan, ada beberapa poin penting yang dinilai dalam lomba ini diantaranya dari segi komposisi, kreatifitas dan kerapian. Hasilnya para peserta memiliki kreatifitas yang merata. Dengan demikian, bakat yang dimiliki bisa terus ditingkatkan, agar melahirkan generasi pelukis di Kalimantan Selatan. Mengingat Museum merupakan peninggalan sejarah dan budaya, harus dijaga, dilestarikan serta menjadi sumber belajar.

“Ke depan dapat menghasilkan bibit – bibit pelukis baru di Banua,” tutupnya.

Juara pertama Lomba Mewarnai, Nur Fitri Khalisa

Untuk diketahui, Juara pertama Lomba Mewarnai Nur Fitri Khalisa dengan nilai 406, Juara dua Fredella Aisyah Masyuri nilainya 389 dan Kayla Nur Hanum juara tiga dengan nilai 386. Kegiatan dipusatkan di halaman Museum Wasaka Kalsel, Jalan Kampung Kenanga Ulu Kelurahan Sungai Jingah Kecamatan Banjarmasin Utara. (NHF/NRH/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.