19 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Paman Birin Sambut Peserta Bhayangkara Adventure Offroad 4×4, Berikan Hadiah 40 Juta

3 min read

BANJARBARU – Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor atau Paman Birin, menyambut kehadiran peserta Bhayangkara Adventure Off Road 4×4 dalam rangka Bakti Sosial Pilkada Damai Tahun 2024 dan HUT ke-78 Polri, di Markas Komando Kepolisian Daerah (Mako Polda) Kalimantan Selatan, kawasan Perkantoran Pemprov Kalsel Banjarbaru pada Minggu (16/6) pagi.

Kehadiran Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto menggunakan motor off road saat melintasi garis finish disambut Gubernur Paman Birin bersama Ketua DPRD Kalsel, Supian HK.

Penyambutan itu tampak meriah dengan barisan jajaran Polda Kalsel bertepuk tangan.

Tiba di acara pembagian hadiah pemenang peserta Bhayangkara Adventure Off Road 4×4 dilakukan undian berhadiah oleh Kapolda Kalsel, Gubernur Kalsel dan Ketua DPRD Kalsel, serta jajaran lainnya.

Kegiatan yang mengambil tema : Menuju Indonesia Emas Tranformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan” itu dIlaksanakan selama 2 hari, 15-16 Juni 2024.

Untuk Bhayangkara Adventure Off Road 4×4 itu puluhan motor off road melintasi rute dan lokasi di kawasan perkebunan karet, sehingga peserta menjelajahi alam liar dengan kondisi medan yang sarat tantangan.

Mulanya, rombongan start di Mapolres Tala dan finish di Kecamatan Bati-Bati.

Kegiatan ini didukung penuh himpunan motor off road yang terdiri dari Indonesia Off Road Federation (IOF) Pengda Kalimantan Selatan dan Banua Bhayangkara JIP Community (BBJC).

Saat pembacaan undian hadiah dari Gubernur Paman Birin yang menghadiahi uang tunai senilai Rp40 juta rupiah, terpilih atas nama Ibenk Oto dari tim Polresta Banjarmasin.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Paman Birin menyampaikan walau perjalanan off road terbilang pendek hanya 2 hari saja, tetapi peserta telah menempuh jalur medan yang cukup berat di lintasan hutan Kalsel. Dirinya pun terkesima melihat sederet motor off road penuh lumpur, serta pakaian para driver yang becek maka artinya mereka telah mampu melewati medan terjal tersebut.

“Luar biasa Bapak Kapolda Kalsel. Tidak hanya mobilnya yang kotor, tetapi bajunya juga kotor. Saya selalu mengingat bahwa apabila baju telah kotor maka dianggap sebagai tanda bekerja,” ucap Paman Birin.

Paman Birin merefleksikan HUT ke-78 Polri yang kian dewasa dalam menapaki lembaganya sebagai institusi kepolisian untuk negara tercinta. Setiap perjalanan yang mengawal bangsa ini, dirinya berharap agar aparat kepolisian dapat menjalankan tugas yang baik, serta menyertai kokohnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Saya melihat persiapan perlu matang terkait logistik dan peralatan lain, dengan motor yang tangguh ini maka sangat hebat para offroader kita dapat melintasi kawasan hutan. Etape (langkah) yang dilaluinya, tentu luar biasa dalam kondisi sehat dan bugar,” tuturnya.

Paman Birin juga mengapresiasi atas langkah Polda Kalimantan Selatan yang telah melakukan bakti sosial dalam kegiatan ini. Dia menilai, acara ini bermanfaat sekali dirasakan masyarakat di Banua.

Sementara itu, Ketua IOF Pengda Kalsel, Haryadi menjelaskan, tujuan kegiatan ini selain merayakan HUT Bhayangkara Polri ke-78 adalah menyatukan para Offroader Banua dengan jajaran tim aparat Polda Kalsel dengan cara bakti sosial tersebut.

Kemudian selama perlintasan di hutan, dirinya mengaku sulit mencari kawasan medan yang berat karena infrastruktur telah diperbaiki Paman Birin.

“Karena teman-teman di gunung merasa jalan dibagusin semua oleh Bapak Gubernur, Paman Birin. Namun hal itu sangat baik, mungkin paman nanti memberikan solusinya ke kami,” sampai Haryadi

Singkatnya, Haryadi sangat berterima kasih atas keterlibatan pihaknya dari IOF Pengda Kalimantan Selatan diikutsertakan dalam giat ini oleh Polda Kalsel.

Adapun pemenang undian, sosok raider off road asal Banjarmasin yakni Ibenk Oto. Ia merupakan tim Polresta Banjarmasin di bawah komando Kombes Pol Sabana Atmojo Martosumito. Dirinya berhasil karena nomor punggungnya disebutkan oleh Paman Birin adalah 205.

“Alhamdulillah, terima kasih Paman Birin atas pemberian hadiah undian berupa uang tunai Rp40 juta buat kami. Hadiahnya digunakan buat memperbaiki motor yang rusak,” ujarnya.

Lantas, Ibenk merasa bantuan Gubernur Kalimantan Selatan ini sangat bermanfaat bagi timnya untuk melakukan perbaikan motor offroad tersebut. Ia bercerita, trek awalnya motor rekannya yang rusak kemudian disusul timnya dari kelompok Komunitas Club Skin Kalsel dan Team Polresta Banjarmasin yang mengalami kendala tersebut.

“Akhirnya, kita evakuasi dengan Bapak Sabana Atmojo, Om Yuda dan rekan lain. Kemudian saat jalur terjun ke air, para raider offroad mengalami trouble (masalah). Sampai patah kipas radiatornya itu,” terangnya.

Dari Kiram, tim Ibenk Oto akhirnya menarik motor offroad itu bersama rekan lain ke Mako Polda Kalsel. Sekitar 5 kilometer, pihaknya tempuh agar sampai ke garis finish tersebut.

“Yang lepas tadi seperti alat bearingnya dan radiator tadi. Dengan dapatnya hadiah dari Paman Birin ini, kita gunakan buat memperbaiki. Saya ucapkan lagi terimakasih,” ungkap Ibenk, penuh semangat.

Diakhir, Ibenk juga mengucapkan selamat HUT ke-78 Bhayangkara Polri, agar kiranya lembaga kepolisian di Kalsel semakin solid dan mencapai prestasi dalam menjaga keamanan daerahnya. (BIROADPIM-RIW/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.