16 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Jamu Makan Malam Komisi Informasi se Indonesia, Paman Birin Dukung Keterbukaan Informasi

2 min read

Gubernur Kalsel saat menyerahkan cenderamata kepada Wakil Ketua Komisi 1 DPR RI, disaksikan Ketua KIP RI

BANJARMASIN – Rangkaian Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) ke-15 Komisi Informasi se Indonesia sudah dimulai pada Senin (10/6) di kota Banjarmasin. Kegiatan yang diawali dengan seminar publik itu, kemudian berlanjut pada malam harinya, dengan malam ramah tamah dan jamuan makan malam (gala dinner) di gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin. Jamuan yang dihadiri ratusan tamu dari seluruh Indonesia ini, adalah undangan khusus dari Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor untuk menyambut kehadiran Komisi Informasi seluruh Indonesia.

Gubernur Kalsel berfoto bersama jajaran KIP RI dan Wakil Ketua Komisi 1 DPR RI serta Ketua DPRD Kalsel

Hadir pada gala dinner ini, Wakil Ketua Komisi 1 DPR RI, Abdul Kharis Almasyhari, Ketua Komisi Informasi Pusat (KIP) RI, Dony Yusgiantoro bersama jajarannya, Ketua PWI Pusat, unsur Forkopimda Provinsi Kalsel, Sekdaprov Kalsel, Komisi Informasi seluruh Indonesia, kepala SKPD lingkup Pemerintah Provinsi Kalsel, termasuk Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kalsel, Muhammad Muslim.

Dalam sambutannya, Gubernur yang biasa disapa Paman Birin itu mengatakan, momen yang penuh rasa kekeluargaan ini dapat menjadi sarana untuk lebih saling mengenal, menjalin komunikasi dan tali silaturahmi.

Gubernur Kalsel saat memberikan sambutan (sumber foto: Biro Adpim)

“Merupakan suatu kehormatan bagi Provinsi Kalimantan Selatan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Rakornas ke-15 Komisi Informasi se-Indonesia tahun 2024 ini. Mudah – mudahan seluruh rangkaian kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses,” kata Paman Birin.

Pada kesempatan tersebut, Paman Birin juga menegaskan komitmen Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan untuk terus mendukung terwujudnya keterbukaan informasi publik, yang merupakan salah satu pilar utama dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih, dan akuntabel.

Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan terus berupaya mewujudkan serta meningkatkan keterbukaan informasi publik secara berkelanjutan.

“Salah satu upaya yang kami lakukan adalah dengan meningkatkan kualitas penerapan e-government dalam penyelenggaraan pemerintahan. melalui sistem ini, kami berusaha untuk meningkatkan aksesibilitas masyarakat terhadap informasi publik,” ungkapnya.

Paman Birin juga mengajak seluruh peserta, memanfaatkan sebaik-baiknya momen penyelenggaraan Rakornas Komisi Informasi se-Indonesia ini untuk saling bertukar pikiran, berbagi pengalaman, serta berdiskusi secara mendalam terkait upaya – upaya untuk terus mengembangkan keterbukaan informasi publik di tanah air.

“Rasanya akan sangat disayangkan apabila kita tidak dapat mengoptimalkan momen yang sangat berharga ini untuk meningkatkan kapasitas, memperluas wawasan, serta memperkuat sinergi dan koordinasi di antara seluruh pemangku kepentingan keterbukaan informasi publik di Indonesia,” ucapnya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Ketua KIP RI, Dony Yusgiantoro mengucapkan terimakasih kepada Paman Birin dan jajarannya atas jamuan makan malam yang sangat luar biasa.

“Kami sangat berterimakasih kepada Paman Birin dan jajaran atas jamuan yang sungguh luar biasa. Dari saat tiba di Kalsel, kami sudah disambut dengan luar biasa, tentunya tidak salah pilih kalau Kalsel menjadi tuan rumah Rakornas ke-15 kali ini,” ungkapnya.

Dony juga memastikan, bahwa penyelenggaraan Rakornas ke-15 di Kalsel kali ini, adalah yang terbaik sejauh ini, dan dihadiri 30 provinsi di Indonesia.

Diakhir acara, Gubernur Kalsel dan Ketua KIP RI serta Wakil Ketua Komisi 1 DPR RI, saling bertukar cenderamata. (RIW/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.