16 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Jaga Lingkungan, Pemprov Kalsel Berikan Penghargaan Perkantoran Ramah Lingkungan

2 min read

Kegiatan penyerahan penghargaan Perkantoran Ramah Lingkungan

BANJARBARU – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kalsel melaksanakan penyerahan penghargaan Perkantoran Ramah Lingkungan di Lingkup Pemprov Kalsel Tahun 2023, bertempat di Gedung Idham Chalid di Banjarbaru, Selasa (28/5).

Penyerahan kepada peraih penghargaan Perkantoran Ramah Lingkungan di Lingkup Pemprov Kalsel

Dalam sambutannya Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor yang diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Setda Provinsi Kalsel menyampaikan apresiasi kepada sejumlah SKPD atas keberhasilan dalam meraih penghargaan tersebut sehingga diharapkan dapat menjadi motivasi bagi SKPD dalam menjaga lingkungan terlebih lagi di tempat kawasan perkantoran.

Gubernur Kalsel diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Adi Santoso saat membacakan sambutan

“Lingkungan hidup yang sehat dan lestari adalah salah satu pilar penting dalam perwujudan kesejahteraan, kantor-kantor yang telah diberikan penghargaan hari ini tidak hanya berkontribusi pada keberlanjutan lingkungan tetapi dapat juga memberikan contoh yang baik bagi instansi lainnya dan masyarakat,” ucapnya.

Adi juga mengajak untuk menjadikan lingkungan bersih dan sehat sebagai bagian dari budaya kerja dan budaya kepribadian, dengan hal itu tidak hanya menjaga lingkungan untuk generasi kini tetapi juga untuk generasi yang akan datang.

“Semoga pencapaian ini menjadi langkah-langkah besar lainnya, dalam menjaga dan melestarikan lingkungan, sehingga dapat memacu semangat kita semua untuk terus berinovasi dan berkontribusi positif terhadap lingkungan,” katanya.

Sementara itu, Kepala DLH Provinsi Kalsel, Hanifa Dwi Nirwana mengungkapkan, penilaian perkantoran ramah lingkungan mendorong setiap SKPD melakukan aksi nyata dalam mendukung penyerapan karbon dan mengurangi emisi gas rumah kaca.

“Kriteria penilaian terdiri dari enam komponen yaitu kebijakan dan dukungan pimpinan, pengelolaan sampah, efisiensi energi, ruang terbuka hijau, kenyamanan keindahan estetika, dan pengadaan barang atau peralatan kantor ramah lingkungan serta penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3),” ungkapnya.

Untuk diketahui, peraih peringkat pertama dalam penghargaan tersebut yakni Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel dengan nilai 75,57 kategori baik, peringkat kedua Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Kalsel dengan nilai 60,81 kategori Cukup Baik, kemudian peringkat ke tiga Dinas Pekerjaan Umum dan Penanta Ruang Provinsi Kalsel dengan nilai 60,46 kategori Cukup Baik, serta pada kegiatan tersebut juga DLH Provinsi Kalsel turut membagikan tanaman anggrek kepada sejumlah SKPD yang mengikuti kegiatan untuk ditanam diwilayah perkantoran masing-masing. (BDR/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.