16 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Persiapan Akreditasi, Labkesda Gelar Pelatihan Pemahaman SNI ISO 15189:2022

2 min read

Pelatihan Pemahaman ISO 15189:2022 di aula Labkesda Kalsel

BANJARMASIN – Dalam rangka persiapan akreditasi laboratorium medik, Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan kegiatan pelatihan selama dua hari yaitu 21-22 Mei 2024.

Kegiatan tersebut diselenggarakan di aula Labkesda Provinsi Kalsel dibuka oleh Kepala Labkesda Provinsi Kalsel, Eda Varia Rahmi, Selasa (21/05) yang diikuti oleh 25 orang staf yang bertugas di Laboratorium Medik dengan menghadirkan narasumber dari Badan Standardisasi Nasional (BSN).

Kepala Labkesda Provinsi Kalsel, Eda Varia Rahmi mengatakan selama ini, pihaknya menggunakan pemahaman SNI ISO 1509:2012. Sementara untuk sekarang, ada revisi terbaru yaitu pemahaman SNI ISO 15189:2022 yang menjadi acuan penilaian KAN untuk laboratorium medik.

Kepala Labkesda Kalsel, Eda Varia Rahmi

“Karena tahun ini kita sudah dijadwalkan untuk diakses, kemungkinan di akhir tahun 2024 atau di awal tahun 2025. Nah sekarang yang dipakai sebagai acuan penilaian dari BSN yang terbaru yaitu SNI ISO 15189 Tahun 2022,” jelasnya.

Oleh karena itu, lanjut Eda, pihaknya melaksanakan pelatihan kepada semua personil di laboratorium medik agar mereka dapat memahami hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan dan dilengkapi dalam rangka akreditasi tersebut.

“SNI ISO 15189 ini merupakan akreditasi yang sudah bersifat internasional, lebih khusus untuk laboratorium medik,” tambahnya

Dengan adanya kegiatan ini, Labkesda Provinsi Kalsel sudah siap menerapkan SNI ISO 15189:2022 dan mendapatkan serifikat akreditasi.

Untuk diketahui, masa berlaku sertifikasi SNI ISO adalah lima tahun dan selama masa berlakunya badan sertifikasi akan melakukan kunjungan kembali untuk memastikan proses akreditasi yang telah dijalankan tetap sesuai kebijakan serta SOP yang berlaku, kegiatan ini biasa dikenal dengan istilah surveilance dan akan dilakukan sebanyak dua kali.

Sedangkan setelah masa berlaku sertifikat hampir habis maka akan dilakukan reakreditasi, dimana prosesnya dimulai dari assesmen kembali.

Laboratorium yang bersertifikat ISO dapat meningkatkan kredibilitas, mengoptimalkan kinerja karyawan serta menambah kepercayaan dari pelanggan. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.