24 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Peringati Puncak HUT Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV, Paman Birin : Terus Gelorakan Semangat Para Pahlawan

2 min read

HULU SUNGAI SELATAN – Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, mengikuti upacara peringatan HUT Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan yang ke 75 di Monumen Proklamasi 17 Mei 1949, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, pada Jum’at (17/5).

Kegiatan ini menjadi momentum mengenang jasa para pahlawan yang gugur saat memperjuangkan banua.

Sahbirin Noor menyampaikan, Proklamasi 17 Mei merupakan bagian dari sejarah Kalsel, yang tidak akan lekang oleh jaman. Tokoh banua menunjukkan kegigihannya mempertahankan Kalsel, sebagai bagian NKRI. Peringatan Proklamasi ini menjadi sejarah penting, dimana peringatan harus dilaksanakan ditempat proklamasi itu digaungkan pertama kali.

“Marilah kita memghayati semangat juang, karakter tangguh, gigih, disiplin dan pantang menyerah para pejuang. Yang mana itu akan selalu relevan disetiap jaman,” ungkap Paman Birin (sapaan akrabnya).

Menurutnya, momen ini menunjukkan kegigihan toko banua mempertahankan Kalimantan sebagai bagian dari NKRI. Divisi IV Pertahanan Kalimantan adalah bagian dari sejarah dan ini menjadi modal bagi kita yang hidup saat ini.

“Kerjasama dan solidaritas yang dibingkai dalam rasa cinta tanah air menjadi kunci mewujudkan cita – cita kemerdekaan yang sejati,” lanjutnya.

Tak lupa, Paman Birin juga berpesan kepada generasi muda bahwa semangat para pahlawan bisa menjadi modal dasar untuk terus belajar.

“Supaya mereka siap untuk menghadapi tantangan di zaman nya masing – masing,” terangnya.

Gubernur Paman Birin juga mengajak seluruh lapisan masyarakat, agar mengenang jasa para pahlawan yang gugur, serta mendoakan, agar pahlawan mendapat tempat terbaik disisinya. Raga para pahlawan boleh tiada, namun jasa – jasa mereka harus terus dikenang.

Gubernur kalsel (kanan) saat memberikan tali asih

“Jasa – jasa pahlawan sangatlah mulia, dimana karakter tangguh, gigih, disiplin, harus menjadi landasan dalam menempuh kehidupan” tutupnya.

Pada puncak peringatan HUT Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor bersama stakeholder terkait juga membagikan tali asih, kepada para veteran peran. Selain itu, puncak peringatan juga dihadiri masyarakat, dengan memakai kostum para pejuang terdahulu. (MRF/ RDM/APR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.