17 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Ciptakan Wirausaha Baru, Disnakertrans Kalsel Gelar Program TTG Tata Boga di Desa Bincau Muara

2 min read

Kegiatan TTG Tata Boga di Desa Bincau Muara Kabupaten Banjar

Banjar – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan kegiatan terapan Teknologi Tepat Guna (TTG) bidang Tata Boga di Desa Bincau Muara Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Selatan, Irfan Sayuti mengatakan sesuai dengan arahan Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor bahwa pihaknya akan terus mendorong peningkatan perekonomian dengan menciptakan wirausaha baru, salah satunya dengan kegiatan TTG ini.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan kami yang sudah banyak menghasilkan wirausaha baru di bidang tata boga seperti yang pernah kami laksanakan di Desa Indrasari pada tahun sebelumnya,” jelasnya, Kamis (16/5).

Kepala Disnakertrans Kalsel, Irfan Sayuti saat memberikan sambutan

Irfan menerangkan, pelatihan ini sangat berdampak positif untuk memberdayakan masyarakat, khususnya para Ibu Rumah Tangga (IRT) dengan mengoptimalkan potensi sumber daya manusia yang masih dapat dikembangkan sebagai peluang peningkatan pendapatan keluarga, aksebilitas masyarakat dan peningkatan perekonomian lokal.

Untuk itu, pihaknya berharap setelah kegiatan ini selesai, para peserta mampu menjadi wirausaha yang tangguh dan bisa membantu menopang ekonomi keluarga.

“Sehingga bisa menuntaskan kemiskinan dan mengurangi pengangguran di Kalimantan Selatan,”harapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan Pelatihan Penempatan Produktivitas Tenaga Kerja (P4TK) Disnakertrans Kalsel, Indah Fajarwati menambahkan kegiatan TTG ini dilaksanakan selama tiga hari yaitu 15-18 Mei 2024.

Pada kegiatan ini, lanjutnya, para peserta tidak hanya diberikan bantuan sarana dan prasana, akan tetapi mereka juga dilatih langsung oleh instruktur yang ahli di bidang tata boga.

“Berbagai olahan yang akan diberikan oleh instruktur diantaranya pembuatan kue tradisional, kue kering, bakery hingga pastry,” tuturnya.

Menanggapi hal ini, Kepala Bidang Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banjar, Syahidi Amrullah mengucapkan terimakasih dengan adanya kegiatan TTG yang dilaksanakan oleh Disnaketrans Kalsel kerena kegiatan ini sangat membantu masyarakat untuk menjadi modal usaha berwirausaha.

“Kegiatan ini akan terus kami dorong agar tidak berhenti setelah pelaksanaan ini selesai. Kami akan upgrade lagi skill mereka dengan program-program dari kami,” pungkasnya. (DISNAKERTRANS.KALSEL-NRH/RDM/APR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.