22 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Taman Budaya Kalsel Berkolaborasi Dengan FKPSK Gelar Aruh Teater

2 min read

Suasana pertunjukan Aruh Teater

BANJARMASIN – Dalam rangka memperingati Hari Teater se dunia, Taman Budaya di bawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, berkolaborasi dengan Forum Komunikasi Pekerja Seni Kampus (FKPSK) menggelar Aruh Teater.

Kepala UPTD Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan, Suharyanti melalui Kepala Seksi Pengembangan dan Pergelaran, Rusgian Noor, pada Senin (13/5) malam mengatakan, Aruh Teater Kalimantan Selatan tahun 2024 ini mengangkat tema “Meningkatkan kesenian persaudaraan lintas generasi insan seni, mengangkat nilai luhur seni budaya tradisi Banua ke wujud spirit dan ekspresi budaya masa kini”. Ia berharap, dapat semakin memberi rasa minat dan kecintaan masyarakat terhadap teater.

Kepala Seksi Pengembangan dan Pergelaran, Taman Budaya Kalsel, Rusgian Noor ( ditengah)

“Aruh Teater ini digelar selama tujuh hari di Gedung Balairung Sari Taman Budaya Banjarmasin, mulai tanggal 13 hingga 19 Mei 2024,” ucapnya

Sementara itu, Ketua Pelaksana Aruh Teater Aminuddin menambahkan, kegiatan ini dalam bentuk merayakan salah satu hari besar bagi para seniman di dunia seni drama yaitu teater, keaktoran, penyutradaraan, sarasehan dan pertunjukan. Di mana, telah diikuti dari seluruh Kabupaten dan Kota. Ia berupaya, para seniman menampilkan keahliannya untuk membuat pertunjukan teater menjadi lebih baik lagi.

Ketua Pelaksana Aruh Teater, Aminuddin, saat memberikan komentarnya

“Kami ingin memberikan kontribusi dalam komunitas teater,” jelasnya

Aminuddin menambahkan, selama kegiatan akan tampil parade 13 group dan 14 pertunjukan yang tersebar dari Kabupaten dan Kota, yakni delapan komunitas berasal dari seluruh penggiat seni teater, serta juga adanya panggung apresiasi. Pihaknya ingin
memberikan kesempatan yang lebih besar dalam perkembangan wawasan dan pengetahuan tentang teater.

“Kegiatan ini dapat disaksikan secara langsung atau menonton melalui youtube Taman Budaya Kalsel,” tutupnya. (NHF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.