17 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Museum Wasaka Kalsel Kini Menyediakan Ruang Audio Visual

2 min read

Suasana anak-anak menyaksikan video animasi perjuangan Brigjend Hasan Basri, di Ruang Audio Visual

BANJARMASIN – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, melalui Museum Wasaka dibawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, kini mulai mengoperasikan Ruang Audio Visual.

Kepada wartawan, Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Kalsel, melalui Kasi Cagar Budaya dan Permuseuman Arry Risfansyah, dalam sambungan telepon pada Selasa (7/5) mengatakan, dalam rangka memberi edukasi kepada para pengunjung, agar dapat lebih mengenal dan mengetahui sejarah revolusi fisik di Kalsel, pihaknya telah mengoperasikan Ruang Audio Visual. Untuk sementara setiap pekannya beroperasi Selasa, Rabu dan Kamis, pada jam 10.00 – 11.30 WITA.

Kasi Cagar Budaya dan Permuseuman Disdikbud Kalsel, Arry Risfansyah

“Ruang Audio Visual resmi beroperasi pada Selasa tanggal 7 Mei 2024,” ucapnya

Disampaikan Arry, inovasi baru di tahun 2024 ini sebagai bentuk partisipasi dan dukungan penuh menuju penilaian Geopark Meratus, karena Museum Wasaka salah satu Geosite untuk Rute Barat. Ia berharap, para pengunjung tidak hanya melihat berbagai benda-benda peninggalan para pejuang, juga dapat menikmati setiap film di Ruang Audio Visual.

“Ada beberapa film yang ditayangkan diantaranya, video animasi perjuangan Brigjend Hasan Basri, dokumenter rute jejak pejuang, profil Museum Wasaka Kalsel, dan beberapa film dari pemenang lomba video pendek,” jelasnya panjang lebar

Sementara itu, salah satu pengunjung Guru Kelas SDN Belitung Selatan 1 Banjarmasin, Siti Mastinah Lestari menilai, adanya Ruang Audio Visual merupakan inovasi yang patut dibanggakan, karena sangat penting sebagai edukasi secara langsung kepada generasi muda, untuk lebih mengenal sejarah perjuangan di Bumi Lambung Mangkurat. Dalam kunjungan ini pihaknya membawa peserta didik kelas V ada sebanyak 30 orang.

Guru Kelas SDN Belitung Selatan 1 Banjarmasin, Siti Mastinah Lestari

“Kami apresiasi setiap tahun selalu ada peningkatan di Museum Wasaka Kalsel, seperti adanya Scan QR Barcode akhir tahun 2023, guna memudahkan informasi benda koleksi dan 2024 ini beroperasi Ruang Audio Visual,” tutupnya

Untuk diketahui, Jam operasional Museum Waja Sampai Kaputing atau dikenal kita kenal Museum (Wasaka) milik Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Selasa sampai Kamis dari Pukul 09.00 – 15. 00 WITA, kemudian Jumat dari Jam 09.00 – 11.00 WITA, Sabtu dan Minggu Pukul 09.00 – 12.30 WITA. Sedangkan untuk hari Senin dan libur Nasional memang tutup. Berlokasi di Jalan Kampung Kenanga Ulu Kelurahan Sungai Jingah Kecamatan Banjarmasin Utara. (NHF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.