16 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Peringati Hari Pendidikan Nasional, Taman Budaya Kalsel Gelar Lomba Madihin

2 min read

Salah satu peserta Lomba Madhihin, dari SMAN 2 Banjarmasin, Shouma Hunafaa

BANJARMASIN – Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional pada setiap tanggal 2 Mei, Taman Budaya dibawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, telah berpartisipasi dengan menggelar Lomba Madhihin tingkat Pelajar dan Mahasiswa.

Kepada wartawan, Kepala UPTD Taman Budaya Kalsel Suharyanti melalui Kepala Seksi Promosi dan Dokumentasi, Nitta Aulia, pada Kamis (2/5) usai pembukaan menyampaikan, Lomba Madhihin tingkat Pelajar dan Mahasiswa tahun 2024 diikuti 23 peserta guna memperkenalkan kesenian khas daerah, agar generasi muda dapat mengetahui dan mempromosikan nantinya.

Kasi Seksi Promosi dan Dokumentasi, Nitta Aulia menyerahkan hadiah

“Kami ingin kesenian Banua dapat semakin berkembang ditengah kecanggihan teknologi,” ucapnya

Disampaikan Nitta, Lomba Madhihin tingkat Pelajar dan Mahasiswa tahun 2024 ini sebelumnya selalu digelar, tetapi sempat vakum karena pandemi COVID-19. Ia berupaya, kearifan seni lokal menjadi hiburan masyarakat di Banua dalam berbagai acara baik sosial dan budaya.

“Mari lestarikan seni dan budaya daerah di Kalsel,” pinta Nitta

Sementara itu, salah satu Juri Ahmad Sya’rani menambahkan, pihaknya sangat mengapresiasi digelarnya kembali, Lomba Madhihin tingkat Pelajar dan Mahasiswa tahun 2024. Dimana, generasi muda harus mengenal secara langsung seni budaya yang dimiliki. Terkait penilaian diantaranya, kesesuaian dari segi vocal, seirama dengan ketukan gendang, agar mudah difahami dan membuat terhibur para penonton.

“Ke depan setelah lomba ini disarankan untuk digelar workshop khusus Madhihin,” tutupnya

Foto bersama Kasi Seksi Promosi dan Dokumentasi, Dewan Juri serta pemenang lomba

Untuk diketahui, UPTD Taman Budaya Kalimantan Selatan menggelar Lomba Madhihin tingkat Pelajar dan Mahasiswa 2024, menghadirkan Dewan Juri ada tiga yaitu Hendra Hadi Wijaya, Ahmad Sya’rani dan Muhammad Budi Zakia Sani. Dimana, masing-masing satu peserta tampil dengan durasi waktu 10 menit, bertempat di Gedung Balairung Sari, Jalan Hasan Basri Kayu Tangi Banjarmasin. (NHF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.