24 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

DPRD Kalsel Serahkan Hasil Rekomendasi LKPj Gubernur Tahun 2023

2 min read

BANJARMASIN – DPRD Provinsi Kalimantan Selatan menggelar Rapat Paripurna dengan agenda Penyerahan Hasil Rekomendasi DPRD Terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Gubernur Kalsel Tahun Anggaran 2023 pada Kamis (2/5).

Rapat paripurna DPRD Kalsel tersebut dipimpin Wakil Ketua DPRD Kalsel, Muhammad Syaripuddin didampingi Wakil Ketua DPRD Kalsel, Karmila dan dihadiri Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor yang diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar, Anggota DPRD Kalsel, sejumlah pejabat lingkup Pemprov Kalsel dan unsur Forkopimda.

Suasana Rapat Paripurna DPRD Kalsel Dengan Agenda Penyerahan Hasil Rekomendasi DPRD Terhadap LKPj Gubernur 2023

Dalam laporan rekomendasi DPRD terhadap LKPj Gubernur Tahun 2023, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalsel, Karmila menyampaikan beberapa hal, diantaranya Panitia Khusus (Pansus) I mendukung dan memberikan rekomendasi terhadap pembentukan payung hukum Lain-lain Pendapat Asli Daerah Sah (LLPAD) Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan.

“Pansus II juga beri rekomendasi kepada Kepala Daerah terkait investasi pada Sektor Padat Karya. Pansus III soroti pengoptimalan program fisik yang berdampak bagi masyarakat terutama pelebaran dan perbaikan jalan provinsi. Pansus IV juga menyoroti di bidang pendidikan terkait kebijakan dan kegiatan yang dapat ditempuh untuk meningkatkan rata-rata lama sekolah dari perspektif siswa,” jelasnya.

Karmila mengungkapkan, penyampaian rekomendasi ini merupakan catatan strategis sebagai wujud nyata tugas dan fungsi kepada masyarakat dan merupakan progres report dari Penyelenggaran Pemerintah Daerah selama satu tahun.

“Harapan kami kiranya laporan penyampaian rekomendasi beserta analisa yang disampaikan dapat menjadi landasan
pertimbangan dalam penyusunan arah kebijakan pembangunan yang akan datang,” tuturnya.

Sementara , Wakil Ketua DPRD Kalsel Muhammad Syaripuddin menekankan salah satu rekomendasi Dewan terkait peningkatan infrastruktur dan tatakelola pemerintahan. Ia berharap, berbagai masukan yang menjadi catatan diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Tadi sudah disampaikan secara tertulis kepada Sekda, dan semoga ini perbaikan ini bisa dilaksanakan secara tepat, cepat,” harapnya.

Menanggapi hal tersebut, Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar menyatakan Pemprov akan segera menindaklanjuti rekomendasi yang disampaikan DPRD Kalsel.

“Rekomendasi dari DPRD dalam bentuk apapun, baik saran, kritik maupun masukan dimaknai sebagai buah pemikiran dan analisa yang berarti bagi seluruh jajaran Pemprov Kalsel agar bekerja lebih baik,” terangnya.

Dalam proses LKPj Akhir Tahun 2023 ini, lanjut Roy, pihaknya sudah merasakan kebersamaan yang kental, sinergi yang kuat dan kemitraan antara eksekutif dan legislatif dalam menilai LKPj. Ia berharap sinergi ini akan terus berlanjut dalam hubungan kerja untuk penyelenggaraan pemerintahan yang lebih baik dan rakyat yang lebih sejahtera. (ADV-NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.