18 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Taman Budaya Kalsel Libatkan 500 Penari Banua Rayakan Hari Tari Sedunia

2 min read

Penampilan Sanggar Bunga Tanjung, berjudul Japin Berkasih

BANJARMASIN – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, melalui Taman Budaya dibawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, merayakan Hari Tari Sedunia, dengan melibatkan 500 penari Banua.

Foto bersama

Kepada sejumlah wartawan, Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah, Taman Budaya Kalsel Suharyanti, usai membuka kegiatan pada Sabtu malam (27/4) mengatakan, perayaan Hari Tari Sedunia dalam rangka memberi inspirasi dan dukungan terhadap para seniman di tiga belas Kabupaten dan Kota. Ia berharap, dapat semakin memberi semangat untuk terus berkarya, tidak hanya penari dewasa juga generasi millenial.

“Perayaan Hari Tari Sedunia ini diikuti 500 penari, dari 40 sanggar dengan 44 penampilan,” ucapnya

Fashion Show Busana Daerah Pengantin Banjar

Disampaikan Suharyanti, dalam rangka semakin memeriahkan perayaan Hari Tari Seduni, pihaknya menggelar peragaan busana Tari Daerah, agar memberikan edukasi kepada seluruh lapisan masyarakat, karena setiap pakaian para penari yang digunakan tidak hanya menjadi hiasan, tetapi memiliki arti yang terkandung dari bentuk dan juga pola jahitannya.

“Kegiatan ini kami gelar selama 3 hari mulai tanggal 27 – 29 April 2024, bertempat di panggung Bakhtiar Sanderta Jalan Hasan Basri Kayu Tangi Banjarmasin,” jelasnya

Lebih lanjut Suharyanti menambahkan, selain penampilan penari dan peragaan busana Tari Daerah, juga terdapat puluhan stand beragam pakaian daerah, agar para pengunjung mengetahui pakaian daerah masing-masing, serta kuliner jajanan ringan.

“Kita tidak ingin pengunjung jenuh, tetapi dapat terhibur dan mengetahui berbagai busana daerah,” tutupnya

Untuk diketahui, perayaan Hari Tari Sedunia, dibuka secara resmi Kepala UPTD Taman Budaya Kalsel, Suharyanti, didampingi Jajarannya. Dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel, Muhammaddun, yang diwakili Kepala Seksi Cagar Budaya dan Permuseuman Arry Risfansyah, beserta kalangan seniman dan budayawan Kalimantan Selatan. (NHF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.