21 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Status Internasional Dicabut, Bandara Syamsuddin Noor Tetap Layani Penerbangan Haji

2 min read

Suasana saat kepulangan jemaah haji melalui bandara Syamsuddin Noor

BANJARBARU – Kabar mengejutkan muncul pada April ini. Menteri Perhubungan melalui keputusannya nomor 31 tahun 2024, tertanggal 2 April 2024, melakukan penyesuaian status internasional untuk 17 bandara di Indonesia. Termasuk salah satunya bandara Syamsuddin Noor. Keputusan ini memunculkan kekhawatiran, mengingat musim haji tahun 1445 Hijriah atau tahun 2024, akan dimulai pada pertengahan Mei mendatang.

Menanggapi hal ini, Kakanwil Kementrian Agama Provinsi Kalsel, Muhammad Tambrin menegaskan, bahwa perubahan status ini tidak mempengaruhi penerbangan haji di bandara Syamsuddin Noor. Dengan kata lain, Embarkasi Banjarmasin tetap melayani keberangkatan jemaah haji Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

“Tidak ada mempengaruhi, itu nomenklatur sajalah. Kita tetap melayani secara maksimal,” tegasnya di hadapan wartawan saat ditemui di asrama haji Banjarbaru pada Senin (29/4).

Terkait kepastian itu, maka Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin juga resmi dilantik Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, pada Senin (29/4). Pelantikan dilakukan Plt Kepala Biro Kesra Pemprov Kalsel, Ahmad Solhan, mewakili Paman Birin yang berhalangan hadir.

“Paman Birin berpesan, agar petugas yang tergabung dalam PPIH Embarkasi Banjarmasin, bekerja dengan baik melayani para tamu Allah,” jelas Solhan kepada wartawan.

Pelantikan PPIH Embarkasi Banjarmasin

Paman Birin juga berharap, musim haji tahun ini berjalan lancar. Para jemaah berangkat ke tanah suci sesuai jadwal yang ditetapkan, dan pulang ke tanah air dengan selamat serta menjadi haji mabrur.

Pada kesempatan yang sama, juga dilakukan meal test atau ujicoba makanan yang akan disajikan di pesawat. Baik saat keberangkatan maupun kepulangan para jemaah nanti. Sejumlah menu diperlihatkan pihak maskapai penerbangan haji, untuk mendapatkan masukan dari PPIH Embarkasi Banjarmasin.

Meal test jemaah haji Embarkasi Banjarmasin

Perlu diketahui, bahwa Embarkasi Banjarmasin tahun ini melayani 19 kloter haji asal Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Kloter pertama asal kabupaten Banjar, dijadwalkan masuk asrama haji pada Mei, dan berangkat keesokan harinya pada Minggu (12/5). (RIW/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.