30 April 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Pemudik di Kalsel Disarankan Untuk Tidak Gunakan Kendaraan Roda Dua

2 min read

BANJARMASIN – Dalam rangka menekan angka kecelakaan lalu lintas di Jalan Raya, pada saat pelaksanaan mudik lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah. Maka, pemudik disarankan untuk tidak menggunakan kendaraan roda dua.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Kalimantan Selatan Kombes Pol Robertho Pardede mengatakan, kepada para pemudik di Kalsel untuk tidak menggunakan kendaraan roda dua.

Dirlantas Polda Kalsel R Pardede didampingi Kepala PT Jasa Raharja Cabang Kalimantan Selatan Benyamin Bob Panjaitan

“Masyarakat di Provinsi Kalimantan Selatan yang ingin mudik ke kampung halamannya, untuk tidak menggunakan kendaraan roda dua,” ucap Pardede, kepada sejumlah wartawan, Jumat (5/4).

Karena, lanjut Pardede, kendaraan roda dua tidak dirancang untuk perjalanan jauh.

“Karena itu, pengguna kendaraan roda dua yang ingin mudik bisa menggunakan angkutan mudik gratis yang disediakan oleh Polda Kalsel maupun Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan,” ujarnya.

Sedangkan, tambah Pardede, untuk pemudik dengan kendaraan roda empat hendaknya, sebelum melakukan perjalanan jauh, agar memeriksa kondisi kendaraannya terlebih dahulu.

“Pemeriksaan kondisi kendaraan tersebut penting, untuk mengetahui layak tidaknya dibawa untuk perjalanan jauh,” jelasnya.

Selain itu, pemudik juga diminta untuk menjaga kesehatan, patuhi rambu rambu lalulintas, serta bagi sopir yang mengantuk atau kelelahan dipersilahkan untuk beristirahat pada posko pelayanan mudik yang disediakan.

Sementara itu, Kepala PT Jasa Raharja Cabang Kalimantan Selatan Benyamin Bob Panjaitan mengatakan, mudik gratis ini merupakan kerjasama pihaknya bersama Polda Kalsel.

“Mudik gratis bertujuan untuk menekan angka kecelakaan pada saat mudik berlangsung,” ucapnya.

Menurut Bob, untuk tahun tahun sebelumnya PT Jasa Raharja menyediakan, sebanyak Rp 5 Miliar untuk asuransi kecelakaan lalu lintas di Jalan Raya, pada saat mudik berlangsung di Kalsel.

“Kami tentunya berharap kejadian kecelakaan di lalu lintas pada mudik lebaran tahun ini mengalami penurunan,” ucap Bob. (SRI/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.