18 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Siapkan Uang Tunai 3 Trilyun, BI Kalsel Buka Pelayanan Penukaran Uang Ramadhan dan Idul Fitri

2 min read

Kepala KPw BI Kalsel dan Asisten II Pemprov Kalsel, usai menukarkan uang di layanan mobil kas keliling

BANJARMASIN – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan, resmi memulai program Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) tahun 2024, pada Senin (18/3), berupa layanan kas keliling di pasar wadai Ramadhan pemko Banjarmasin. Kegiatan ini dilakukan setelah pada akhir pekan tadi, BI Kalsel secara resmi meluncurkan program SERAMBI.

Jadwal layanan penukaran uang

Kepada wartawan usai peluncuran SERAMBI dikantornya kawasan Lambung Mangkurat Banjarmasin, akhir pekan tadi, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalsel, Wahyu Pratomo menegaskan, bahwa pihaknya berkomitmen memenuhi ketersediaan uang Rupiah yang berkualitas dan terpercaya bagi masyarakat.

Diperkirakan, kebutuhan uang tunai selama Ramadhan dan Idul Fitri sebanyak Rp3,06 trilyun. Jumlah itu meningkat 11% dibanding realisasi tahun lalu sebesar Rp2,74 triliun.

“Untuk memenuhi kebutuhan uang bagi masyarakat Banua, BI telah menyiapkan beberapa jenis layanan penukaran uang,” lanjut Wahyu.

Yakni KASKEL BAIMAN atau Kas Keliling Baimbaian Perbankan, yaitu layanan penukaran uang yang dilakukan secara bersinergi dengan perbankan. Kemudian LAKASI atau Layanan Kas Keliling Susur Sungai, yaitu layanan penukaran uang untuk masyarakat tepian sungai.

Selanjutnya ada KALIMAN-TREN atau Kas Keliling ke Mesjid dan Pesantren, yaitu layanan penukaran uang khusus kepada mesjid dan pesantren, serta kas keliling khusus seperti di pasar wadai, pelabuhan, dan bandara.

“Kami bekerja sama dengan perbankan menyediakan 217 titik lokasi penukaran. Terdiri dari 195 titik di perbankan dan 22 titik di Bank Perkreditan Rakyat,” tambah Wahyu.

Jangkauan layanan kepada masyarakat juga diperluas melalui Kas Keliling Bersama Perbankan (KALIBER) yang hadir di tiga daerah yaitu Banjarmasin, Hulu Sungai Tengah, Kotabaru, Tabalong, dan Tanah Bumbu. Sedangkan layanan penukaran uang Rupiah melalui kas keliling, masyarakat diharapkan memesan penukaran terlebih dulu melalui Aplikasi PINTAR https://pintar.bi.go.id.

Berdasarkan jadwal, mobil kas keliling Bank Indonesia akan melayani penukaran uang di pasar wadai Ramadhan pemko Banjarmasin, pada Senin (18/3) mulai pukul 14.00 – 16.00, serta pada 20 Maret pada jam yang sama.

Sementara di pasar wadai Ramadhan pemerintah provinsi Kalsel di halaman Gedung Sultan Suriansyah dan Taman Budaya Banjarmasin, akan dilakukan kas keliling bersama perbankan pada 19-21 Maret 2024. Sedangkan kas keliling susur sungai, akan mendatangi warga di tepian sungai, pada 19 dan 21 Maret 2024. (RIW/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.