15 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Berbaur dengan Jemaah, Paman Birin Ziarah Makam Datu Kalampayan

2 min read

BANJAR – Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor berziarah ke makam ulama Banua Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari atau Datu Kalampayan, pada Kamis (7/3) dinihari.

Gubernur Kalsel saat berziarah ke makam Datu Kalampayan pada Kamis (7/3) dinihari

Rutinitas ziarah ke makam wali Allah memang menjadi kebiasaan Gubernur dua periode ini.

Bertolak dari kediaman Mahligai Pancasila Banjarmasin, Kamis (7/3) dinihari, Paman Birin berserta rombongan menuju ke kubah Datu Kalampayan di Kecamatan Astambul, Kabupaten Banjar dengan melewati jalan Syekh Arsyad Al Banjari.

Sesampainya di kubah Datu Kalampayan, Paman Birin pun berbaur dengan para warga dan jemaah ziarah lainnya.

Mengingat mendekati bulan Ramadan, kubah Datu Kalampayan pun selalu ramai dikunjungi para peziarah, baik pagi hingga malam hari.

Didepan Kubah Datu Kalampayan, Paman Birin bersama rombongan turut melakukan pembacaan tahlil dan ditutup dengan doa bersama.

Bagi Paman Birin, Banua bersyukur memiliki ulama kharismatik Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari atau Datu Kelampayan dan Guru Sekumpul.

“Alhamdulilah, menjelang Ramadan, ulun berkesempatan ziarah ke Makam Datu Kalampayan. Kita bersyukur, Banua memiliki ulama seperti Datu Kalampayan dan Guru Sekumpul,” kata Paman Birin.

Untuk menuju ke kubah Datu Kalampayan pun, ungkap Paman Birin sekarang lebih mudah. Terlebih lagi, setelah jalan Syekh Arsyad Al Banjari diresmikan dan bisa digunakan.

Dimana, akses jalan itu merupakan jalur akses baru bagi peziarah menuju kubah Datu Kalampayan di Desa Kalampayan Tengah Kecamatan Astambul mulai dari jalan Martapura Lama melewati Desa Sungai Kitano dan Dalam Pagar Ulu di Kecamatan Martapura Timur.

Sebelumnya mayoritas peziarah ke kubah Datu Kalampayan melewati Pasar Astambul di Jalan Ahmad Yani.

Paman Birin mengatakan dengan adanya akses jalan baru menuju makam Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari atau Datu Kalampayan, berdampak positif bagi masyarakat sekitar dan para peziarah.

“Akses jalan menuju kubah Datu Kalampayan semakin mudah dan semoga menjadi berkah bagi kita semua,” ungkap Paman Birin. (BIROADPIM-RIW/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.