Tingkatkan Kesadaran dan Kepatuhan Norma K3, Laboratorium K3 Kalsel Gelar Temu Pelanggan
2 min readBANJARMASIN – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Laboratorium Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) menyelenggarakan kegiatan temu pelanggan dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kepatuhan norma Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di salah satu hotel berbintang di Banjarmasin, Kamis (29/2).
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kalimantan Selatan, Irfan Sayuti menyampaikan budaya K3 ialah suatu sikap nilai, keyakinan, norma dan persepsi yang mendasari perilaku selamat dan penerapannya secara praktis dalam proses produksi.
“Budaya K3 menjadi aspek penting dalam perlindungan ketenagakerjaan dan hak dasar dari setiap pekerja sesuai dengan Undang-Undang No 1 1970 tentang Keselamatan Kerja,” katanya kepada wartawan, usai membuka acara.
Irfan menjelaskan kegiatan ini sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan norma kesehatan dan keselamatan kerja di setiap tempat kerja.
Selain itu, lanjutnya, Temu Pelanggan ini juga menjadi ajang dalam menyamakan persepsi maupun saling bertukar pikiran antara perusahaan dan pihak Laboratorium K3 Kalsel.
“Kita ingin menyamakan persepsi sekaligus meminta masukan kepada para perusahaan yang datang pada kegitan ini, sehingga nantinya dapat meningkatkan pelayanan yang dilakukan oleh Lab K3,” terangnya.
Sementara itu, Kepala Laboratorium Kesehatan dan Keselamatan Kerja (Lab K3) Provinsi Kalimantan Selatan, Noorlianisyah menambahkan kegiatan ini diikuti 150 peserta yang merupakan perwakilan perusahaan, instansi dan lembaga pemerintah.
Dalam Temu Pelanggan tahun ini, lanjutnya, pihaknya juga menyampaikan beberapa materi mendukung program Kemenaker yang saat ini ikut berpartisipasi dalam pengentasan Tuberkolosis (TB) paru di lingkungan kerja.
“Kami mengundang dari Dinas Kesehatan untuk menjadi narasumber untuk memberikan informasi bagaimana screening TB di tempat kerja,” tuturnya.
Selain itu, Laboratorium K3 Kalsel juga menyampaikan inovasi dan layanan baru, seperti aplikasi Sistem Informasi Pelayanan (SIP) K3 kepada perusahaan secara langsung.
“Karena kami biasanya hanya melalui media sosial berinteraksi dengan perusahaan, mumpung bisa bertemu secara langsung maka kami maksimalkan menginformasikan pelayanan yang dimiliki Lab K3,” pungkasnya. (NRH/RDM/RH)