24 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Pemprov Kalsel Akan Kembangkan Bank Sampah di Area Sungai Martapura

1 min read

Kepala Dinas LH Provinsi Kalsel Hanifah Dwi Nirwana

BANJARBARU – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan akan mengembangkan bank sampah di sejumlah Lokus Bantaran Sungai Martapura. Bank sampah bergun untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah-pilah, sehingga dari pengumpulan sampah yang sudah dipilah akan disetorkan ke tempat pembuatan kerajinan dari sampah atau ke tempat Pengepul sampah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel Hanifah Dwi Nirwana menyampaikan, pihaknya terus mengupayakan dan memberikan sarana – prasarana untuk meningkatkan kebersihan dibantaran sungai martapura. Salah satunya pengembangan bank sampah, yang dinilai dapat mengedukasi masyarakat, agar dapat memilah sampah dan menyerahkannya ke bank sampah.

“Sehingga akan ada nilai ekonomi untuk masyarakat dan kesadaran masyarakat untuk kebersihan lingkungan akan meningkat,” ungkap Hanifah, baru – baru tadi.

Ia menambahkan, Pemerintah Provinsi Kalsel melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kalsel mempunyai program yang bertajuk sungai martapura asri. Untuk membersihkan Sungai Martapura yang meliputi Kota Banjarmasin dan Kabupaten Banjar. dengan adanya program ini diharapkan dapat membuat Masyarakat Lebih Peduli Lagi terhadap Lingkungan.

“Meskipun kami sudah mendampingi lebih dari 2 tahun lewat melalui Program sungai martapura asri, namun animo masyarakat dalam peduli lingkungan masih belum meningkat. Sehingga kami akan terus mengembangkan kegiatan – kegiatan untuk meningkatkan animo masyarakat agar peduli lingkungan,” lanjut Hanifah.

Hanifah melanjutkan, penangan sampah bukan hanya tanggung jawab pemerintah semata. Namun merupakan tanggung jawab bersama, baik Pemerintah Provinsi, Kabupaten- Kota, hingga masyarakat. (MRF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.