18 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

POLDA KALSEL BERHASIL MENANGKAP PELAKU PEMBAJAK KAPAL DI LAUT KALSEL

2 min read

BANJARMASIN – Kepolisian Daerah (Polda) Kalsel menggelar pengungkapan tindak pidana pembajakan kapal di laut disertai pencurian dengan tindak kekerasan, di Aula Mathilda Polda Kalsel, Jumat (16/2). Dipimpin Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto.

Kapolda menyampaikan, kejahatan di laut ini merupakan yang pertama terjadi di laut Kalsel. Pengungkapan kasus ini berhasil dilakukan oleh Tim Ditpolairud Polda Kalsel serta lainnya.

“Setelah mendapatkan laporan adanya kejadian kejahatan di laut Kapal yang dibajak yaitu TB Royal 27, pada Kamis 1 Februari 2024, di perairan Provinsi Kalimantan Selatan. Polda Kalsel langsung bergerak,” ungkap Kapolda.

Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto saat memberikan keterangan pengungkapan kasus

Kapal tersebut membawa muatan fame milik PT Musim Mas, berlayar dari Sampit, Kalteng, menuju Karang Asem, Bali. Namun, ditengah pelayaran di perairan Tanah Laut – Kalsel, kapal tersebut dibajak dan dicuri dengan kekerasan.

Polairud Polda Kalsel mendapatkan laporan adanya kejahatan di laut tersebut, pada 6 Februari 2024.

“Dengan dibantu Jatanras dan Resmob Polda Kalsel serta Polda Kalteng, Polda Kepri, serta Polda Sulsel, dan berhasil mengamankan 13 orang pelaku,” ungkap Kapolda.

Penangkapan tersebut, tambahnya, dalam waktu dalam tiga hari. Sedangkan, tiga pelaku lainnya masih dalam pencarian. Namun, pihak kepolisian telah mengantongi identitas pelaku yang belum ditangkap tersebut.

“Total kerugian yang dialami oleh korban sebanyak 8 Miliar Lebih,” ucap Kapolda.

Pada kesempatan tersebut Kapolda menjamin saat ini, untuk pelayaran di laut Kalimantan Selatan sudah aman dari kejahatan di laut.

“Polda Kalsel memberikan apresiasi terhadap personil Polairud Polda Kalsel, Polda Kalteng, Polda Kepri, yang telah membantu pengungkapan kasus ini,” ucap Kapolda.

Sementara itu, apresiasi yang sama juga disampaikan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan atas keberhasilan pengungkapan kasus kejahatan di laut tersebut.

Seperti disampaikan, Gubernur Kalsel melalui Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdaprov Kalsel Fajar Desira, usai pengungkapan kasus pembajakan kapal di laut oleh Polda Kalsel tersebut.

“Tentunya, keberhasilan ini patut diberikan apresiasi atas kerja keras Tim Polda Kalsel dalam berhasilan penangkapan tersebut,” ungkap Fajar.

Dengan adanya keberhasilan ini kedepannya situasi kelautan di Provinsi Kalimantan Selatan akan semakin aman, dari pembajakan ataupun kejahatan di laut. (SRI/RDM/APR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.