17 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Kunjungi Kalsel, Komisi Informasi RI Supervisi Kinerja PPID Bawaslu dan KPU

2 min read

Wakil Ketua KI RI (jas sasirangan) berfoto bersama dengan komisioner KI Provinsi dan tim Bawaslu Provinsi Kalsel

BANJARMASIN – Setelah sebelumnya sempat berkunjung jelang akhir tahun 2023 lalu, Komisi Informasi Republik Indonesia kembali menyambangi provinsi Kalimantan Selatan pada awal Februari 2024 ini. Kali ini dalam rangka visitasi standar layanan informasi dan prosedur penyelesaian sengketa informasi pemilu dan pemilihan. Visitasi atau kunjungan dilakukan ke kantor Bawaslu Provinsi Kalsel, Bawaslu kota Banjarmasin, KPU Provinsi Kalsel dan kantor KPU kota Banjarmasin.

Kegiatan visitasi sekaligus supervisi kali ini, dipimpin Wakil Ketua Komisi Informasi RI, Arya Sandiyudha, dan didampingi 3 komisioner KI Provinsi Kalsel.

Ditemui wartawan saat kunjungan ke kantor Bawaslu Provinsi Kalsel pada Kamis (1/2), Arya Sandiyudha menjelaskan, bahwa pihaknya memiliki agenda pengawasan keterbukaan informasi publik, di wilayah rawan. Terutama jelang pemilu 2024.

“Kalsel ini menurut Bawaslu RI, adalah salah satu provinsi yang termasuk daerah rawan. Kita melihat dari sisi keterbukaan informasi publiknya,” jelas Arya.

Lebih lanjut Arya menjelaskan, keterbukaan informasi publik itu artinya dari sisi pelayanan, apakah sudah sampai informasi – informasi penting terkait pemilu.

“Baik ke masyarakatnya, dan juga peserta yang ikut kontestasi politiknya. Mau itu timses, apa mereka sudah tersosialisasikan, dan juga tim parpol,” tutupnya.

Sementara itu, menanggapi kunjungan ini, Komisioner Bawaslu Provinsi Kalsel, Akhmad Mukhlis mengatakan, bahwa pihaknya sangat senang dengan kehadiran KI RI ini, dalam rangka ikut mendukung dalam hal keterbukaan informasi publik.

“Kami bisa mendapat supervisi, sehingga bagian yang kurang dari kami bagaimana keterbukaan informasi Bawaslu Kalsel dapat diperbaiki,” ujarnya.

Di kantor Bawaslu Provinsi Kalsel, tim Komisi Informasi RI juga menyempatkan diri meninjau ruangan Pejabat Pengelola Informasi Publik dan Dokumentasi (PPID). Dimana kehadiran KI RI ini, disambut jajaran Bawaslu Provinsi Kalsel. Mulai dari Komisioner, Akhmad Mukhlis, Kepala Sekretariat Bawaslu Kalsel, Teuku Dahsya Putra, serta Kabag Pengawasan dan Humas Bawaslu Kalsel, Supriyanto Noor. (RIW/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.