24 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Pelaku Usaha di Pelabuhan Perikanan Banjarmasin Minta Kapasitas Pabrik Es Ditambah

1 min read

BANJARMASIN – Pengusaha Perikanan di kawasan Pelabuhan Perikanan Banjarmasin Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Selatan meminta dibangun serta kapasitas pabrik es batu ditambah di kawasan tersebut.

Salah satu Pengusaha Perikanan di UPTD Pelabuhan Perikanan Banjarmasin Haji Jaya mengatakan, saat ini di kawasan Pelabuhan Perikanan Banjarmasin mengalami kekurangan pasokan es batu.

Salah satu Pengusaha Perikanan Haji Jaya

“Kekurangan es batu ini, jadi keluhan pengusaha ikan di sini” ungkapnya.

Karena itu, lanjut Haji Jaya, pihaknya meminta agar pabrik es batu dapat dibangun di kawasan tersebut.

“Pabrik es batu yang ada saat ini sudah mengalami kerusakan sejak tiga bulan lalu. Sehingga, pasokan es batu berkurang,” ujarnya.

Menanggapi persoalan tersebut, Kepala UPTD Pelabuhan Perikanan Banjarmasin Ahmad Jaki mengakui, masalah kurangnya pemenuhan es batu tersebut..

Kepala UPTD Pelabuhan Perikanan Banjarmasin Ahmad Jaki

Jaki menjelaskan, saat ini keterbatasan pabrik es di lingkungan Pelabuhan Perikanan Banjarmasin untuk memenuhi kebutuhan para pelaku usaha.

“Pabrik es batu yang ada saat ini hanya berkapasitas 10 ton, produksi tersebut hanya mampu memenuhi sepertiga dari kebutuhan es batu di Pelabuhan Perikanan Banjarmasin,” ucap Jaki.

Jaki juga mengungkapkan, pihaknya telah berhasil mencapai Target Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Alhamdulilah kami berhasil memenuhi target PAD sebesar 936 juta rupiah, dari perolehan retribusi sewa gedung dan kios bagi pelaku usaha yang berada di kawasan Pelabuhan Perikanan Banjarmasin,” ungkapnya.

Capaian tersebut, melebihi target yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi kalimantan Selatan di tahun 2023 sebesar 800 juta rupiah. (SRI/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.