17 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Ratusan Anak Ikuti Sunatan Massal di Desa Pandansari, Paman Yani : Bantu Ekonomi Masyarakat

2 min read

Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalsel Muhammad Yani Helmi (kanan) saat meninjau proses sunat anak

TANAH BUMBU – Ratusan anak mengikuti sunatan massal di Poskesdes Desa Pandansari, Kecamatan Karang Bintang, Kabupaten Tanah Bumbu, Rabu (20/12).

Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi, bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu).

“Ini terselenggara karena seringnya kita berkoordinasi bersama Pemprov, Pemkab dan pihak terkait maka terciptalah pokok pikir (pokir) menggelar sunatan massal,” kata Yani Helmi.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalsel Muhammad Yani Helmi (kiri) saat memberikan bingkisan kepada anak yang mengikuti sunatan massal

Legislator akrab disapa Paman Yani mengungkapkan, sunatan massal ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan di Kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru.

“Supaya benar-benar bisa membantu kebutuhan masyarakat. Termasuk anak-anak sebagai penerus bangsa,” jelasnya.

Menurut Paman Yani, melalui kegiatan ini diharapkan dapat membantu perekonomian masyarakat. Sebab biaya yang dikeluarkan untuk melakukan sunat anak berkisar Rp800 ribu hingga Rp1,5 juta.

“InsyaAllah ini akan terus berlanjut sampai tahun-tahun berikutnya,” tutur Paman Yani.

Sementara, Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan dan Primer Dinkes Kalsel, Netty Haryati, mengaku kegiatan sunatan massal ini juga merupakan salah satu indikator kinerja mereka.

“Jadi di Dinkes itu salah satu indikator kinterja adalah akes kesehatan yang merata. Artinya harus dinikmati oleh masyarakat dari atas hingga ke bawah,” tuturnya.

Selain sunatan massal, ada pula program pelayanan kesehatan lain seperti pemeriksaan kanker serviks dan operasi katarak gratis.

“Kami sangat bersyukur karena dari DPRD Kalsel setiap tahun juga menyetujui anggaran untuk kegiatan bakti sosial seperti ini. Mudah-mudahan ini bisa terus berlanjut sampai tahun-tahun kedepan,” harap Netty.

Sunatan massal ditarget diikuti oleh 100 anak. Meski begitu, layanan akan tetap diberikan jika melebihi target.

Dua orang petugas sedang melakukan proses sunat kepada salah seorang anak

Kepala Poskesdes Desa Pandansari, Muhammad Erhamsyah menyebut pihaknya telah menurunkan 30 tenaga kesehatan untuk kegiatan ini.

“InsyaAllah dalam waktu satu jam sudah selesai. Kalau memang yang datang melebihi target pun kami siap melayani,” ungkapnya.

Untuk diketahui, seusai disunat, setiap anak diberikan bingkisan berupa perlengkapan sekolah dan sholat.(SYA/NRH/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.