18 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Kabupaten Tapin Juarai Lomba Balogo

2 min read

Kabid Kebudayaan Disdikbud Kalsel, Raudati Hildayati, menyerahkan hadiah kepada Juara I Lomba Balogo

BANJARMASIN – Kabupaten Tapin berhasil memperoleh Juara I, dalam Festival Permainan Tradisional Balogo Tahun 2023, tingkat pelajar. Gelaran ini dilaksanakan sejak 8 Desember, yang dipusatkan di Gedung Sultan Suriansyah, berlokasi Jalan Hasan Basri Kayu Tangi Banjarmasin.

Suasana Lomba Balogo, di Gedung Sultan Suriansyah Banjarmasin

Kepada wartawan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, melalui Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Kalsel, Raudati Hildayati, pada Jumat (8/12) sore mengatakan, Festival Permainan Tradisional Balogo 2023 ini, merupakan salah satu implementasi Pemprov Kalsel, guna melestarikan salah satu permainan tradisional dan sudah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia (WBTb) oleh Kementrian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI. Ia berharap, peserta yang mengikuti Lomba ini, tetaplah terus menerus melestarikan di Banua.

“Alhamdulillah Festival Permainan Tradisional Balogo 2023 telah berjalan sukses,” ucapnya

Disampaikan Helda (sapaan akrabnya), untuk tahun berikutnya akan diusahakan menambah permainan tradisional yang dilombakan untuk peserta didik di Banua, agar tidak tergerus oleh zaman, salah satu peninggalan nenek moyang ditengah kecanggihan teknologi.

“Mari kembangkan kreativitas dalam membudayakan olahraga tradisional,” pintanya

Sementara itu, Ketua Tim Juri, Muhammad, menambahkan, para peserta didik yang mengikuti Lomba Balogo ini, mengetahui dan menjalankan teknis permainan, ini artinya sudah terbiasa melestarikan di daerah masing-masing. Ia meminta, setelah gelaran tetap terus dikembangkan melalui ekstra kurikuler di sekolah.

Ketua Tim Juri, Lomba Balogo, Muhammad

“Kami berharap, permainan Balogo ini bisa diajarkan kepada temannya, agar ada regenerasi,” tutupnya

Untuk diketahui, Juara I Festival Permainan Tradisional Balogo Tahun 2023, tingkat pelajar dari SMKN 1 Kabupaten Tapin, dengan nilai 20, disusul Juara II Kabupaten Balangan, nilainya 16, dan Juara III Kabupaten Tanah Bumbu, Harapan I Kota Banjarbaru, Harapan II Kabupaten Tanah Laut dan Harapan III dari Kota Banjarmasin. (NHF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.