15 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Dukung Peningkatan Literasi, Ombudsman Kalsel Hadirkan PBO

2 min read

BANJARMASIN – Dalam rangka mendukung peningkatan literasi, Ombudsman Perwakilan Kalimantan Selatan menghadirkan Pojok Baca Ombudsman (PBO).

Didampingi Ketua Ombudsman Kalsel, Hadi Rahman dan disaksikan Kepala Bidang Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel, Wildan Akhyar, Ketua Ombudsman Republik Indonesia (RI), Mokhammad Najih meresmikan PBO di Kantor Ombudsman Kalsel Jalan S.Parman, baru-baru tadi.

Suasana Peresmian PBO di kantor Ombudsman Kalsel

Ketua Ombudsman RI, Mokhammad Najih menyampaikan kehadiran PBO ini untuk meningkatkan literasi dan pelayanan ke masyarakat. Apalagi di era digital masyarakat lebih cenderung memilih internet untuk membaca dan mengakses informasi. Namun katanya tidak semua bacaan dan informasi di hp atau Internet benar.

“Jadi melalui PBO literasi lebih baik. Semoga dengan diresmikannya PBO yang ke-8 bisa memberikan manfaat dan menular ke Kantor Perwakilan Ombudsman di daerah lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Ombudsman Kalsel Hadi Rahman, mengungkapkan PBO ini mempunyai koleksi buku terbitan Ombudsman, layanan baca di tempat, layanan peminjaman untuk insan Ombudsman ‘Bersama Tingkatkan Literasi Pelayanan Publik.

Bahkan, lanjutnya, dengan ketersediaan PBO memberikan motivasi untuk peningkatan literasi, akuntabilitas dan tanggung jawab terhadap kehadiran Ombudsman di Kalimantan Selatan.

“Jadi, tersedia sumber daya manusia yang akan menjadi Pengelola PBO. Sesuatu strategis dan penting, dalam konteks literasi pelayanan publik serta anti maladministrasi tidak hanya di internal, tetapi juga Pelapor, Terlapor, tamu maupun masyarakat pada umumnya,” tambahnya.

PBO memiliki ruangan minimal 3×3 meter, dimana ruangan berada di posisi strategis atau dekat dengan ruang tunggu pelapor dan mudah diakses. Di samping itu, PBO menyediakan wifi gratis dan akses internet gratis untuk kepentingan layanan bagi masyarakat. Ada juga untuk penyandang disabilitas. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.