24 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Temui Paman Yani, Inaga Kalsel Dapat Pengalaman Baru Tentang Budaya Banjar

2 min read

Suasana Kunjungan INAGA Kalsel kepada Anggota DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi

BANJARMASIN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Muhammad Yani Helmi menerima kunjungan rombongan Ikatan Nanang Galuh (INAGA) Kalimantan Selatan, di gedung DPRD Kalsel, Kamis (16/11).

Dalam pertemuan tersebut, rombongan dari Ikatan Nanang Galuh Kalsel bermaksud mengundang Wakil Rakyat yang akrab disapa Paman Yani ini untuk berhadir di ajang pemilihan Nanang Galuh Kalsel.

Ketua Ikatan Nanang Galuh Kalsel, Muhammad Hidayattollah mengatakan, ajang pemilihan Nanang Galuh Kalsel akan digelar pada Desember mendatang.

“Semoga Paman Yani bisa hadir untuk memberikan nasehat bagi kami, agar memperluas pengetahuan tentang mempertahankan kebudayaan Banjar,” katanya.

Hidayattollah menjelaskan, dalam pertemuan dengan Paman Yani, pihaknya memperoleh pengalaman baru tentang kebudayaan Banjar pada khususnya.

“Paman Yani banyak memberikan pemahaman kepada kami sebagai penerus generasi muda yang melestarikan kebudayaan,” ungkapnya

Pihaknya juga menyampaikan aspirasi agar dapat melakukan kunjungan ke daerah lain dalam rangka mengenal kebudayaan dan adat lain serta upaya mempertahankan kebudayaan asli.

Sementara itu, Anggota DPRD Kalsel yang juga menjabat Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalsel itu tidak menyangka dirinya didaulat untuk dapat berhadir dalam ajang Pemilihan Nanang Galuh Kalsel.

“Sebuah kebahagian bagi saya mendapatkan undangan dari Ikatan Nanang Galuh Kalsel, semoga nanti saya dapat berhadir pada kegiatan tersebut,” jelasnya.

Paman Yani juga berharap INAGA Kalsel dapat menjadi motorik atau penggerak dalam upaya menjaga dan melestarikan budaya Banjar. Mengingat di era teknologi saat ini, tidak hanya berdampak positif tetapi juga berdampak negarif. Sehingga penting sekali bagi generasi muda untuk menjaga budaya asli daerahnya sehingga terus terjaga.

“Jangan sampai budaya Banjar tidak ada penerusnya, saya harap para pemuda ini mendapatkan bimbingan untuk terus memperdalam kebudayaan kita,” ingatnya.

Paman Yani menambahkan setiap melakukan kunjungan keluar daerah, dirinya melihat kebudayaan daerah masih terjaga sangat bagus. Untuk itu, dirinya menyambut baik aspirasi INAGA Kalsel yang ingin belajar ke daerah lain terkait pelestarian kebudayaan.

“Perlu untuk generasi muda melakukan pembelajaran ke daerah lain, agar dapat mengadopsi cara mempertahankan kebudayaan,” pungkasnya. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.