18 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Peringati Hari Pahlawan ke 78, Pemprov Kalsel dan Forkopimda Kenang Jasa Para Pahlawan

2 min read

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor

BANJARBARU – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan ke 78 tahun 2023 yang di laksanakan di halaman Kantor Gubernur di Banjarbaru, Jumat (10/11). Upacara peringatan Hari Pahlawan tersebut dihadiri langsung oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, yang bertindak sebagai Inspektur upacara. Turut hadir pula Ketua DPRD Kalsel Supian HK, Forkopimda Kalsel, Sekretaris Daerah Kalsel Roy Rizali Anwar, sejumlah Pimpinan SKPD lingkungan Provinsi Kalsel, dan Pimpinan instansi lembaga vertikal.

Dalam momen ini, Gubernur mengharapkan agar para pemuda Banua terus mewarisi semangat para pejuang, khususnya pejuang asal Kalsel, Pangeran Antasari.

“Anak-anak muda sekarang harus mewarisi semangat para pejuang dalam menjalani aktivitas lantaran berkat mereka kita dapat menikmati kehidupan yang layak dan bebas dari penjajah” ucap Sahbirin saat memimpin Apel.

Hari Pahlawan ke-78 ini, diperingati dengan mengusung tema “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”. Tema ini diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata.

“Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus. Ancaman dan tantangan ini akan kita taklukkan berbekal semangat yang sama seperti dicontohkan para pejuang 10 November 1945,” ucap Sahbirin Noor, saat membacakan amanat Menteri Sosial RI Tri Risma Maharini.

Sahbirin Noor bersyukur, saat ini semangat untuk berantas kebodohan dan perangi kemiskinan dapat dilihat dan dirasakan denyutnya di seluruh pelosok Negeri. Semangat yang membawa menolak kalah dan menyerah pada keadaan, menyatukan dalam upaya mewujudkan kehidupan kebangsaan yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Serta memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Semangat yang berasal dari nilai perjuangan Pahlawan Bangsa di tahun 1945,” tutup Sahbirin Noor.

Apel peringatan hari pahlawan nasional

Untuk diketahui, usai upacara peringatan Hari Pahlawan, Gubernur Kalsel juga turut kembali memberikan paket bantuan secara simbolis kepada perwakilan dari para veteran pejuang.

Usai menggelar apel upacara peringatan Hari Pahlawan ke-78 tahun 2023, rombongan Forkopimda Kalsel, Sekretaris Daerah Kalsel Roy Rizali Anwar, sejumlah Pimpinan SKPD lingkungan Provinsi Kalsel, dan Pimpinan instansi lembaga vertikal lainnya, mengunjungi taman Makam Pahlawan Nasional Bumi Kencana Kota Banjarbaru, untuk melakukan ziarah dan tabur bunga di makam – makam para pahlawan. Ziarah yang dipimpin Danrem 101/antasari, Brigjen TNI Ari Aryanto ini berjalan khidmat, untuk mengenang jasa – jasa para pahlawan.

Ziarah dan tabur bunga di makam pahlawan bumi kencana

Di kesempatan ziarah tersebut, Danrem 101/antasari Brigjen TNI Ari Aryanto menyampaikan, agar para generasi muda di Kalimantan Selatan dapat kembali mengenang dan mencontoh jasa – jasa perjuangan pahlawan.

“Perjuangan generasi muda tidaklah mudah, yakni menghadapi tantangan lingkungan seperti pengaruh negatif narkoba, pergaulan bebas,” ungkapnya.

Ia meyakini, Generasi Muda di Kalimantan Selatan yang terkenal dengan sifat religiusnya, bisa menghadapi segala tantangan dimasa sekarang. Sehingga perjuangan para pahlawan akan diteruskan oleh para generasi muda.

“Kami percaya generasi muda bisa menghadapi tantangan apapun,” tutupnya. (MRF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.