18 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Alumni Mahasiswa Diminta Kembangkan Diri dan Keterampilan Untuk Hadapi Revolusi Industri 4.0

2 min read

Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Husnul Khatimah membacakan sambutan Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor

BANJARMASIN – Alumni mahasiswa diminta terus mengembangkan kualitas diri dan memiliki keterampilan praktis yang relevan dengan kondisi dunia yang semakin terkoneksi dan berubah cepat.

Prosesi Wisuda Politeknik Hasnur

Harapan itu disampaikan Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Husnul Khatimah, pada acara Sidang Terbuka Senat Politeknik Hasnur Wisuda IX Tahun Akademik 2022/2023 / yang bertempat di salah satu hotel berbintang, Rabu (1/11).

Husnul menjelaskan revolusi industri 4.0 menjadikan teknologi mengubah cara hidup, bekerja dan berinteraksi. Banyak kemudahan yang didapatkan sekaligus tantangan serta konsekuensi sebagai bentuk tanggungjawab dari perkembangan tersebut.

“Hal yang paling krusial adalah bagaimana kita memastikan bahwa perkembangan tersebut harus membawa perubahan positif dan ke arah yang lebih baik,” jelasnya.

Pemberian Penghargaan Kepada Mahasiswa Terbaik Politeknik Hasnur

Oleh karena itu, Gubernur Kalsel berharap alumni mahasiswa untuk memperluas cakrawala berpikir agar memiliki nilai kompetitif dan inovatif sehingga tidak menjadi bagian dari pengangguran intelektual yang hanya bergantung pada lowongan pekerjaan yang tersedia.

“Sebaliknya, kalian harus memiliki jiwa enterpreneur, menciptakan lapangan kerja sendiri dengan memanfaatkan transformasi digital saat ini. Kewirausahaan bukan hanya tentang memulai usaha atau menghasilkan keuntungan tetapi bagaimana mencari solusi dari suatu masalah dan akhirnya memberikan nilai ekonomis bagi masyarakat sekitar,” tuturnya.

Sementara, Direktur Eksekutif Yayasan Hasnur Centre, Zulfikar Alimuddin mengharapkan para wisudawan dan wisudawati Politeknik Hasnur bisa menunjukkan performa terbaik di dunia industri.

“Performa itu apa? Yaitu mereka mampu bekerja dengan keterampilan yang diharapkan dan memiliki pengetahuan yang bisa digunakan untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan pekerjaan,” terangnya.

Sedangkan, Direktur Politeknik Hasnur Banjarmasin, Tesdiq Prigel Kaloka mengatakan 57 mahasiswa yang diwisuda ini berasal dari tiga program studi dari enam prodi yang dimiliki Politeknik Hasnur Banjarmasin.

“Terdiri dari 12 orang lulus DIII Teknik Otomotif, 15 orang lulus DIII Budidaya Tanaman Perkebunan dan 30 orang lulus DIII Teknik Informatika,” jelasnya.

Tesdiq menambahkan mahasiswa yang diwisuda ini telah dibekali dengan kompetensi sesuai dengan jurusan masing-masing sehingga mereka siap kerja di lapangan. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.