17 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Tumbuhkan Semangat Kenali Pejuang, Museum Wasaka Kalsel Kembali Gelar Lomba Mading 3D

2 min read

Tiga juri memberikan sosialisasi, kepada para peserta Lomba Edukatif Kultural Museum Mading 3D

BANJARMASIN – Guna menumbuhkan semangat apresiasi serta minat dalam upaya mengenal kembali sejarah perjuangan para pejuang di Kalimantan Selatan, Museum Wasaka dibawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, kembali menggelar Lomba Edukatif Kultural Museum Mading 3 Dimensi untuk kategori pelajar.

Suasana pembukaan Lomba Edukatif Kultural Museum Mading 3D, di halaman Museum Wasaka Kalsel Banjarmasin

Kepada wartawan, Kasi Cagar Budaya dan Permuseuman, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, Arry Risfansyah, pada Senin (9/10) mengatakan, lomba ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini khusus sekolah yang berhasil menjadi juara terbaik satu, dua dan tiga hingga juara harapan, ditujukan agar lebih mengenal lagi tentang Revolusi Fisik di Kalsel.

Kasi Cagar Budaya dan Permuseuman, Disdikbud Kalsel, Arry Risfansyah

“Kegiatan ini menggunakan Dana Alokasi Khusus BOP non fisik selama tiga hari mulai tanggal 9 hingga 11 Oktober 2023,” ucapnya

Arry menjelaskan, sebelum digelar lomba Edukatif Kultural Museum Mading 3 Dimensi kategori pelajar ini, pihaknya memberikan sosialisasi kepada para peserta dari 16 Sekolah baik SMA/SMK di Banjarmasin, pada Kamis 5 Oktober tadi. Masing-masing sekolah diikuti 9 peserta didik, dan satu guru pendamping, yang disampaikan oleh tiga Narasumber sekaligus sebagai juri, yaitu Wajidi, Budi Kurniawan dan M Syahriel M Noor.

“Kami ingin peserta lomba ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan, karena temanya tentang Revolusi Fisik di Kalsel,” ungkap Arry

Sementara itu, salah seorang Juri, Wajidi mengatakan, ada empat kategori penilaian yang diberikan oleh tiga juri untuk lomba Edukatif Kultural Museum Mading 3 Dimensi kategori pelajar yaitu kreativitas dan keunikan, isi kesesuaian dengan tema tentang Revolusi Fisik Kalimantan Selatan, tata bahasa, kebersihan, kerapian, dan keindahan, serta presentasi dari masing-masing perwakilan kelompok.

“Lomba ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kemajuan dan kebudayaan di Banua,” tutupnya.

Untuk diketahui, lomba Edukatif Kultural Museum Mading 3 Dimensi ini ibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, yang diwakili Kasi Cagar Budaya dan Permuseuman, Arry Risfansyah, bersama Jajaran Bidang Kebudayaan Disdikbud Kalsel yang bertempat di halaman Museum Wasaka Jalan Kampung Kenanga Kelurahan Sungai Jingah Kecamatan Banjarmasin Utara, Senin (9/10). (NHF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.