12 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Kembangkan Perpustakaan Masjid, Dispersip Kalsel dan Kemenag Kalsel Jalin Kerjasama

2 min read

BANJARMASIN – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) melaksanakan penandatanganan kerjasama dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Kalsel terkait Program Perpustakaan Masjid.

Penandatanganan kerja sama tersebut dilakukan langsung oleh Kepala Dispersip Provinsi Kalsel, Nurliani Dardie dan Kakanwil Kemenag Kalsel, Muhammad Tambrin, bertempat di salah satu hotel berbintang, Selasa (12/9).

Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani menyampaikan kerjasama ini sebagai bentuk upaya pengembangan dalam rangka membumikan minat baca kepada masyarakat, khususnya generasi muda Banua.

“Berkaitan dengan kerja sama ini, kami telah menyiapkan dua paket buku untuk perpustakaan masjid yang siap untuk didistribusikan,” katanya.

Suasana Penandatanganan Kerjasama Antara Dispersip Kalsel dan Kanwil Kemenag Kalsel

Pendistribusian buku tersebut, lanjut Nurliani, akan dilakukan setelah melakukan koordinasi lebih lanjut dengan pihak Kemenag Kalsel terkait kriteria masjid yang akan mendapatkan paket buku tersebut terlebih dahulu.

“Nanti akan kita koordinasi lebih lanjut dengan Kemenag Kalsel. Tentunya kita akan pilih masjid yang aktif terlebih dahulu sebagai percontohan, agar pengelola masjid yang lain bisa ikut tergerak,” jelasnya.

Lebih jauh Nurliani menjelaskan, pendistribusian sendiri akan dilakukan secara bertahap, menyesuaikan dengan jumlah buku yang ada.

“Akan kita lakukan secara bertahap, terutama buku yang ada dulu. Karena ini tugas kami selaku pembina perpustakan di daerah,” tambahnya

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Kalsel, Muhammad Tambrin menyampaikan bahwa pihaknya siap memberikan data terkait mesjid-mesjid yang aktif di Banua sebagai bahan referensi Dispersip Provinsi Kalsel dalam mendistribusikan buku-buku untuk perpustakaan mesjid.

“Jumlah masjid dan musholla yang ada di Kalsel saat ini berkisar 600 bangunan, dan kita akan siapkan datanya sebagai referensi Dispersip Kalsel untuk menentukan masjid mana yang akan menjadi percontohan untuk Perpustakaan Masjid,” terangnya. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.