24 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Teriakan Merdeka, Paman Birin Lepas 5.000 Peserta Kirab Kemerdekaan

2 min read

Gubernur Kalsel memimpin kirab kemerdekaan tahun 2023

BANJARMASIN – Kirab Kemerdekaan kembali digelar tahun ini, oleh pemerintah provinsi Kalimantan Selatan dan Korem 101/Antasari. Kegiatan ini menjadi agenda rutin memperingati HUT Kemerdekaan RI, dan tahun ini sudah memasuki tahun keempat. Tercatat lebih dari 5.000 peserta mengikuti Kirab Kemerdekaan, yang dimulai dari Makorem 101/Antasari di Banjarmasin, dan berakhir di Kiram Park kabupaten Banjar tersebut.

Gubernur Kalsel (tengah, mikropon) bersama Forkopimda Kalsel berfoto sebelum melepas Kirab Kemerdekaan

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor bersama sejumlah unsur Forkopimda Provinsi, turut serta pada kirab kali ini, yang berlangsung pada Kamis (24/8). Diantaranya Ketua DPRD Provinsi, Danrem 101/Antasari, Danlanud Syamsudin Noor, Wakapolda dan Sekdaprov Kalsel. Mereka terlihat memakai baju bertemakan pejuang, berwarna coklat muda.

Sesaat sebelum mengibaskan bendera start tanda dimulainya kirab, Paman Birin (sapaan khas Gubernur Kalsel) meneriakkan kata merdeka, untuk memberikan semangat kepada para peserta.

“Salam perjuangan anak bangsa Republik Indonesia. Mari kita mulai Kirab Kemerdekaan ini. Merdeka!,” serunya.

Paman Birin juga berpesan, agar seluruh peserta berhati – hati selama di perjalanan, mematuhi aturan lalu lintas, dan tidak memacu kendaraan dalam kecepatan tinggi.

“Jika mengalami kendala, cukup menepi dan nanti ada tim mekanik yang membantu. Kita juga siapkan tim kesehatan jika mengalami masalah kesehatan,” tutupnya.

Pada Kirab Kemerdekaan ke-4 tahun 2023 ini, tidak hanya para pemotor yang ikut serta, namun juga goweser atau pengayuh sepeda. Mereka berangkat satu jam lebih dulu, dari rombongan Paman Birin serta ribuan pemotor lainnya.

Sementara para pemotor yang ikut Kirab Kemerdekaan kali ini, diantaranya berasal dari unsur TNI-Polri, SKPD lingkup pemerintah provinsi Kalimantan Selatan, HDCI dan IMBI Kalsel, serta ojek online dan masyarakat umum. (RIW/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.