18 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Ekspedisi Meratus 2023 Kolaborasi Mensukseskan Revolusi Hijau

1 min read

Aksi penanaman pohon Pena Hijau dan Dishut Kalsel saat Ekspedisi Meratus

HULU SUNGAI TENGAH – Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan bekerjasama dengan Pena Hijau Indonesia, melakukan penanaman 1.000 pohon produktif di dua kabupaten. Meliputi Tapin dan Hulu Sungai Tengah. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan Ekspedisi Meratus 2023.

Selain Pena Hijau, kegiatan penanaman di lokasi daerah aliran sungai (DAS) tepatnya di Desa Layuh, Kecamatan Batu Benawa, Hulu Sungai Tengah, Sabtu (12/8) berkolaborasi dengan berbagai pihak diantaranya Dinas LHP, Biji Kopi, organisasi IAAS Universitas Lambung Mangkurat, Posko Meratus, KNPI, Gembuk, Gema MA dan masyarakat desa setempat.

Sehari sebelumnya, Jumat (11/8) juga dilakukan penanaman di lokasi Desa Buniin, Kecamatan Piani, Kabupaten Tapin, bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Tapin dan Kelompok Tani Hutan Desa Buniin, Kecamatan Piani, KPH Hulu Sungai, PT Adaro dan PT Harapan Warga Mandiri.

Bibit pohon yang ditanam antara lain mahoni, kopi, jengkol, sawo, kayu manis, pulantan, mangga dan sebagainya.

“Ekspedisi Meratus 2023 ini merupakan bagian dari menyemarakkan Hari Jadi ke-73 Provinsi Kalsel dan Hari Kemerdekaan RI melalui kegiatan penanaman. Ini juga sejalan dengan arahan Gubernur Kalsel untuk menggelorakan revolusi hijau untuk peningkatan kualitas lingkungan hidup Kalsel,” tutur Kepala Dinas Kehutanan Kalsel, Fatimatuzahra.

Pihaknya berharap bibit yang sudah ditanam ini dapat dipelihara masyarakat dengan baik, sehingga kedepannya dapat memberikan manfaat langsung secara ekonomi dan manfaat tidak langsung dengan meningkatnya kualitas lingkungan hidup.

Ekspedisi Meratus merupakan kegiatan penjelajahan desa-desa terpencil di kawasan Pegunungan Meratus, mengeksplor potensi keanekaragaman hayati, budaya, wisata dan ekonomi masyarakat desa. Kegiatan yang dijadwalkan berlangsung pada Agustus hingga September 2023 ini juga dibarengi kegiatan pendakian puncak – puncak pegunungan Meratus. (Pena.hijau-RIW/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.